ANALISIS EVALUASI KINERJA LULUSAN PROGRAM STUDI D-3 MANAJEMEN ADMINISTRASI AKADEMI SEKRETARI DAN MANAJEMEN (ASM) ARIYANTI

Main Article Content

Deni Supardi Marnoto Marnoto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar lulusan perguruan tinggi mampu berkiprah dalam pembangunan sesuai relevansi pendidikannya dapat dilakukan upaya penelusuran terhadap lulusannya (tracer study) melalui penelitian. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian laksanakan pada dunia usaha dan industri diwilayah tempat para alumni bekerja. Data yang telah dikumpulkan melalui angket selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kinerja lulusan Program Studi D-3 Manajemen Administrasi ASM Ariyanti menunjukkan bahwa pengguna lulusan menilai kinerja lulusan program studi manajemen administrasi ASM Ariyanti dengan rata-rata dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa lulusan program studi D-3 manajemen administrasi ASM Ariyanti merupakan lulusan yang dapat bekerja dan berkiprah di berbagai tempat, dengan hasil yang sangat baik dalam segi etika, keahlian ilmu, kemampuan komunikasi, bekerjasama, dan pengembangan diri. Sedangkan kemampuan berbahasa asing dan penggunaan teknologi informasi lulusan program studi manajemen administrasi ASM Ariyanti dalam kategori baik. Hasil analisis evaluasi kinerja lulusan tersebut harus segera ditindaklanjuti dengan: perbaikan proses pembelajaran (penyelenggaraan mata kuliah pendidikan karakter, kewirausahaan, komunikasi interpersonal), pelatihan ICT dan pelatihan softskill.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Supardi and M. Marnoto, “ANALISIS EVALUASI KINERJA LULUSAN PROGRAM STUDI D-3 MANAJEMEN ADMINISTRASI AKADEMI SEKRETARI DAN MANAJEMEN (ASM) ARIYANTI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 528-534, Jan. 2023.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Hafied Cangara, Hafied. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi, Cet. XII, Jakarta: PT.Rajagrafindo.
Harald Schomburg. (2003). Handbook for Graduate Tracer Study. Universitas Kassel: Moenchebergstrasse Kassel, Germany: Wissenschaftliches Zentrum fur Berufs-- und Hochschulforschung.
Harianto, Kusno. Dkk. (2019). Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Memasuki Dunia Kerja. Surabaya. Media Sahabat Cendikia. By Kusno Harianto, Henny Pratiwi, Yonatan Suhariyadi
Isniatun Munawaroh. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Kemandirian Belajar.
Indrawijaya, A.I. (2010). Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama
Jaka Warsihna. (2010). Modul Pelatihan Budaya Kerja & KerjasamaTim. Kemdikbud: Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi Pendidikan.
Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia. (2013). Integritas dan Wawasan Kebangsaan. Bahan Ajar Diklatpim Tingkat I dan Tingkat II.
Mulyana. Dedi. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cet. XIV Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Santosa Ippho , 2012. Hanya 2 Menit, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Soemantri, dkk. 2010. Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi Uny Tahun 2005 – 2009. Yogyakarta: FISE UNY.
Sururi. 2016. Studi Efektivitas Penilaian Kinerja Kepala SMP Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat tahun 201. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wibowo, Heri. 2010. Psikologi Untuk Pengembangan, Bandung. Penerbit Widya Padjadjaran.