PEMBELAJARAN (PAI, PAK, PPKn, IPS) SISTIM ONLINE BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH INKLUSIF SMP NEGERI 6 TUBAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian (1) Dapat dianalisa berkaitan strategi pembelajaran daring (online) (2) Menemukan kendala pembelajaran online dan (3) Menemukan faktor dukungan dalam pelaksanaan pembelajaran daring (online) di masa pandemi covid-19 untuk siswa dengan hambatan intelektual atau tunagrahita ringan di SMP N 6 Tuban. Penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang dilakukan adalah studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data diantaranya meliputi: wawancara, observasi dan rekaman arsip. Proses yang di amati meliputi aktivitas peserta didik tunagrahita ringan melalui pembelajaran online mata pelajaran IPS, Agama, PPKN dengan subjek guru kelas, dan orang tua di sekolah inklusif SMP Negeri 6 Tuban. Hasil temuan strategi pembelajaran online untuk anak tunagrahita ringan di sekolah inklusif SMP Negeri 6 Tuban bahwa, guru menggunakan strategi pembelajaran melalui HP/Laptop dan menyediakan aplikasi via online melalui Whatsaap/Google Classroom. Sumber belajar yang digunakan GWK, GPAI,GPAK, GPKN,GIPS yaitu menggunakan Youtobe, Google, dan buku paket ataupun LKS. Selain itu lebih mudah jika di jelaskan melalui power point. Kendala GWK, GPAI,GPAK, GPKN,GIPS yaitu tidak mengenal ABK secara langsung. Perlunya wawasan baru dalam mengendalikan teknologi seperti HP/Laptop. Dukungan ketika pelaksanaan pembelajaran online saat pandemi covid-19 yaitu, respon siswa regular peserta didik tunagrahita ringan, dan partisipasi orang tua di sekolah inklusif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ayu, P. Dewi, Arief,S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Elementary Education Research & Learning in Elementary Education. Vol. 5,. No. 4. Hal, 1912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094
Ambika, Radhin, Nithin, Noel, Arun. 2021. Effect Of Pandemic Based Online Education On Teaching And Learning System. International Journal of Educational Development. 2-11. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102444
Dinas Pendidikan Tuban.( 2014). Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban. Nomor: 420/ 318/ 414.050/ 2014.
Efendi. 2013. Perspektif Pendidikan Inklusif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kemendikbud. 2020. Salinan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor 719 lPl. 021, 1–10.
Dadang. 206. Modul Guru Pembelajar Slb Tunagrahita. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan. Hal 87. http://repositori.kemdikbud.go.id/9507/1/TUNAGRAHITA%20A_3-5-2016revisi-dadang%20garnid a-katalina.pdf
K,.S,. Kusuma,. W. P,. Nina, S,. Aisa, Fitri,Nurwahidah. 2020. Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdn 20 Mataram. Jurnal Progres Pendidikan. Vol. 1,. No. 2. Hal 100. https://media.neliti.com/media/publications/240795-pendidikan-inklusif-2d95e4e9.pdf
Magdalene,. V, Jagan,.M. 2019 . Socioeconomic Profile of Intellectually Disabled Children. International Journal of Science and Research (IJSR). Vol. 8,. Issue. 12. Hal 133 – 13. https://www.ijsr.net/archive/v8i12/ART20203081.pdf
Prima, D. & N, Hidayah. 2019. Studi Kasus “Metode Penelitian Kualitatif”. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
R, K, Yin. 2014. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rini, Rani, Herni , Jajang. 2021. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi. Vol.7, No. 1. Hal 15. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/988
Trisnani. 2017. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika. Vol. 6, No. 3. Hal 2. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/download/1227/692
Tumardi dan Sopingi. 2013. Belajar Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Windhiyana. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 34,. Issue. 1. Hal 1-8. http://Doi.Org/10.21009/Pip.341.1
Wagino, Khofidotur, R. 2020. Merdeka Belajar Dan Anak Tunagrahita Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional FIP: Universitas Negeri Surabaya. Vol. 1, No. 1. Hal 163 https://fip.unesa.ac.id/fip-ppti/public/proceeding/index.php/webinar2020/article/view/127
David & Adrian. 2021. Technology Acceptance Of Four Digital Learning Technologies (Classroom Response System, Classroom Chat, E Lectures, And Mobile Virtual Reality After Three Months’ Usage. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 1-17. DOI : https://doi.org/10.1186/s41239-021-00243-4
Firmansyah. 2021. Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Research & Learning in Education. Vol.3, No. 2. Hal 589 – 597. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/355
Richa. Harvinder, P. P,Ganguly. P,. Kesharwani. 2021. Technology Enabled Teaching and Online Learning in North India during Lockdown in Pandemic COVID 19. International Journal of Science and Research (IJSR). Vol. 10,. Issue, 6. Hal 84-87. https://www.ijsr.net/get_abstract.php?paper_id=SR21530142415
Halevska, E. 2021. Students Motivation and Engagement during Distance Learning. International Journal of Science and Research (IJSR). https://www.ijsr.net/search_index_results_paperid.php?id=SR21126103143, Vol. 10,. Issue,1,. Hal. 1462 – 1466.