PENGEMBANGAN KAPASITAS KELEMBAGAAN PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI KABUPATEN BANYUASIN

Main Article Content

Ahmad Irfanza Yunindyawati Yunindyawati Zulfikri Suleman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan bentuk pengembangan kapasitas kelembagaan pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, proses pengembangan kapasitas kelembagaan pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Banyuasin dapat diketahui melalui faktor-faktor dari pengembangan kapasitas seperti komitmen bersama, kepemimpinan yang kondusif, reformasi kelembagaan serta pengakuan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki. Selain itu, bentuk pengembangan kapasitas pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Banyuasin ialah memberikan pengetahuan dan peningkatan keterampilan bagi para pegawai pada tingkat sumber daya manusia. Pada tingkat pengembangan fisik yakni adanya struktur organisasi yang jelas sesuai dengan tupoksi para pegawai, penggunaan anggaran, serta pemeliharaan sarana dan prasarana. Pada tingkat proses operasional organisasi. Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Banyuasin sudah menerapkan sikap saling menghargai dan adanya kekeluargaan sehingga menciptakan budaya kerja yang baik dengan memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin untuk menjadi lembaga yang efektif, efisien dan berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Irfanza, Y. Yunindyawati, and Z. Suleman, “PENGEMBANGAN KAPASITAS KELEMBAGAAN PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI KABUPATEN BANYUASIN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 535-540, Jan. 2023.
Section
Artikel

References

Alam, A. S., & Prawitno, A. (2015). Pengembangan Kapasitas Organisasi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bone. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(2), 93–104.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarya : Rineka Cipta.
Arsa, Priska Lamella Cahya. 2014. Pengembangan Kapasitas Lembaga Pendidikan Pada Tingkat Kelembagaan Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Semarang. (https://media.neliti.com/media/publication/98233-ID-studi pengembangan-kapasitas-lembaga).
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Creswell, John W. 2013. Research Design : Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Djam’an Satori, Danny Meirawan, A. K. (2013). Model Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah (School Capacity Building) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Adminisistrasi Pendidikan, VII(I).
Erwin Indrioko & Ulfa Rhomaisha Basar. 2017. Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. STAIN Kediri.
Haryono, Dkk. 2017. Capacity Building. Malang : UB Press
Indraningrum, P. (2015). Pengembangan Program Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul Melalui Model Kemitraan. Jurnal Pengembangan Program, 1–11.
Lamella Priska. (2016). Studi Pengembangan Kapasitas Lembaga Pendidikan Pada Tingkat Kelembagaan Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Journal Of Public Policy And Management Review, 53(9), 1689–1699.
Milen, Anneli. 2004. Pegangan Dasar Pengembangan Kapasitas. Yogyakarta : Pembaruan.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif : Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Monica, N. F. (2017). Strategi Pengembangan Kelembagaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tegalsari, Kota Tegal. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Ratnasari, J. D., Makmur, M., & Heru, R. (2016). Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) Kelembagaan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(3), 103–110.
Ratnasari, J. D., Makmur, M., & Ribawanto, H. (2013). Pengembangan kapasitas (. Jurnal Administrasi Publik, 1(3), 103–110. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Badan, Daerah, Jombang/Unknown/Badan, Daerah, Jombang - 1999 - Pengembangan kapasitas (.pdf
RI, K. P. dan K. (2016). Petunjuk Teknis Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar.
Rozi, A. (2021). Analisis Kompetensi Tutor Pendidikan Kesetaraan di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30, 188–200.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Shomedran, S., & Karmila Nengsih, Y. (2020). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Sebagai Satuan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Membangun Mutu Sumber Daya Manusia. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 271. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.5214
Sumiyanti. (2016). Rekayasa Sosial Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional “Pelestarian Lingkungan & Mitigasi Bencana” Repository.Unri.Ac.Id, 411–417.
Surikusumah. 2013. Pemberdayaan Organisasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Melalui Manajemen Stratejik (Studi Kasus Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Nurul Huda, Sanggar Kegiatan Belajar Global Ilmu dan Lembaga Kursus Traveler Institute English Conversation di Kabupaten Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.(http://repository.upi.edu/3695)
Tohani, E. (2010). Strategi Pengembangan Kapasitas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Sebagai Penyedia Layanan Bidang Pendidikan. In Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY (Vol. 3, Issue 2, p. 122807).
Wicaksana, A. (2016). Rekonstruksi Kelembagaan Kebun Kopi Rakyat (Model Rekayasa Sosial Penguatan Usaha Tani Kopi Rakyat). Https://Medium.Com/, III(1), 36–61. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Wibawa, Eka Ari . 2014. Capacity Building Dan Strategi Peningkatan Kualitas Sdm Organisasi. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Hukum Dan Ham. Depok (bpsdm.kemenkumham.go.id/id/artikel-bpsdm/35-capacity-building-dan-strategi-peningkatan-kualitas-sdm-organisasi)