PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Main Article Content

Tety Nur Cholifah Ninda Kholilatul Umah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang tidak variatif sehingga menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode pembelajaran index card match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain quasi experimental terdiri dari analisis, pretest, dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, tes dengan pretest dan  pottest sedangkan non tes dengan  wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan iferensial. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Validitas konstruk dan isi instrumen penelitian  sebesar 97% serta validitas secara empiris butir soal dengan kriteria Rhitung > dari Rtabel. Hasil uji reliabilitas 0,932 dengan interpretasi sangat baik. Hasil uji normalitas posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,200 dan 0,200 sehingga keseluruhan data berdistribusi normal karena nilai Lhitung > Ltabel . Hasil uji homogenitas data nilai pretest dan posttest  kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,408 dan  0,960 sehingga data dinyatakan berdistribusi homogen karena  > dari nilai signifikansi (0,05) . Hasil uji hipotesis dengan uji-t  menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel  (4,793 > 1,795) sehingga Hditolak dan Ha diterima.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Cholifah and N. Umah, “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 45-51, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.
Fua1, Jumarddin La; Zuhari, A. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS Vb PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 1 TALAGA BESAR KEC. TALAGA RAYA KAB. BUTON TENGAH. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 39.
Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. SIARAN PERS Nomor: 397/Sipres/A5.3/XII/2019, 4–5. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kemendikbud. (2022). Pentingnya 4C untuk Menghadapi Abad 21. 1–6.
Martono, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Rajagrafindo Persada.
Modesta, Maria; Sunarwin; Megati, A. (2019). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH ( ICM ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. ChEMuR (Jurnal Chemistry Education Muhammadiyah Reaction), Icm.
Nazariah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pelajaran IPS Kelas V. ALMUDARRIS : Journal of Education, 3(2). https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Pujiastuti, A. U. (2020). Analisis Penerapan Metode Index Card Match Dalam Pembiasaan Literasi Bahasa Produktif Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 96–101. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4879
Septikasari, Resti ; Frasandy, R. N. (2020). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Solekhah, S., Poerwanti, J. I. S., & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(3), 117–122.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Wahyuni, P. S., Hakim, A. R., & Wadu, L. B. (2020). Perbedaan Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 2 Petungsewu Kabupaten Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 270–274.
Yuniantika, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4, 347–352.