IMPLEMENTASI MODEL DICK AND CAREY PADA LAYANAN INFORMASI CAREER DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR

Main Article Content

Lina Dwi Febriani Indri Astuti Urai Salam

Abstract

Kematangan karir merupakan kesiapan siswa dalam menentukan keputusan arah karir
yang diinginan dan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Tingkat kematangan karir yang
rendah membuat siswa kesulitan menentukan keputusan arah karir setelah tamat dari
pendidikan di SMA. Kematangan karir pada siswa meningkat jika mendapat layanan
informasi karir yang berkualitas. Untuk itu perlu dilakukan terobosan pada pelaksanaan
layanan informasi karir. Salah satu terobosan dalam meningkatkan tingkat kematangan karir
yakni dengan mengembangkan layanan informasi tentang karir digital dengan model Dick
and Carey. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model Dick and Carey pada
layanan informasi tentang karir digital untuk meningkatkan tingkat kematangan karir melalui
sepuluh langkah yang dilakukan secara sistematis dan menyeluruh. Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan setiap langkah-langkah
implementasi model Dick and Carey pada pelaksanaan layanan informasi tentang karir digital
untuk meningkatkan tingkat kematangan karir. Teknik yang digunakan dalam menganalisis
data pada penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dalam
penelitian ini berupa gambaran konseptual implementasi model Dick and Carey pada layanan
informasi karir digital untuk meningkatkan kematangan karir

Article Details

How to Cite
[1]
L. Febriani, I. Astuti, and U. Salam, “IMPLEMENTASI MODEL DICK AND CAREY PADA LAYANAN INFORMASI CAREER DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 443-449, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Brown. (2007). Career Information, Career Counseling and Career Development ninth Edition. Buston: Pearson Education Inc.
Dianasari, Anita., Nurmida C.S., Sugito. (2021). Pengembangan Materi Layanan Klasikal Dalam Bimbingan Belajar Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan. 09 (01), 1-17.
Departemen Pendidikan Nasional. (2018). Penataan Pendidikan Profeional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Herr, E.L., Cramer, S.H. & Niles, S.G. (2004). Career Guidance and Counseling Through The Lifespan. Boston: Pearson.
Hidayat, D.R., Sari, M.P. (2022). Implementasi Teori Kepribadian Karir Holland di SMK, dalam Sistematika Kajian Pustaka. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(1). 259-268.
Hidayati, Richma. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Siswa dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).
Hotmauli, Megarizky. 2022. Implementasi Teori Ginzberg Dalam Bimbingan Konseling Karir: Literatur Review. Jurnal Cahaya Mandalika. 3 (2). 98-104.
Mansyur, A.I., Chairunnisa, D. & Dede, R.H. (2019). Implementasi Teori Super Pada Program Layanan Bimbingan dan Konseling Karir Untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Konseling. 15(2). 474-481
Nursalim, Mochamad. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Akademia Permata.
Mansyur, A.I., Chairunnisa, D. & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Super Pada Program Layanan Bimbingan dan Konseling Karir Untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Konseling, 15(2), 474-484.
Oster, Gerald D. (2006). Life As A Psychologist: Career Choices and Insights. London: Praeger Publishers.
Phifer, Paul. (2009). College Majors & Careers: A Resource Guide For Effective Life Planning. New York: Ferguson Publishing.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajawali Pers.
Rianto, Puji. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Komunikasi UII Press.
Rusman. (2018). Model – Model Pembelajaran (Mengembangakan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, Mariana P., Hidayat, Dede Rahmat. (2022). Implementasi Teori Kepribadian Holland di SMK, dalam Sistematika Kajian Pustaka. Jurnal Ilmu Pendidikan. 04 (1), 259-265
Seniawati, K., Suarni, N.K & Dewi Rum WMP. (2014). Efektifitas Teori Karier Holland Untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Vol 2 No 1 Hal 1. Diakses 8 Oktober 2022 jam 22.30 WIB melalui http://ejournal.undiksha.ac.id/Index.php/JJBK/article/viewFile/3642/2930.
Sulistyorini. (2009). Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Sukses Offset.
Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.
Tekke M, Ghani Faizal A.M. (2013). Examining Career Maturity among Foreign Asia Student: Academic Level, Journal Of Education and Learning. 7 (1). 29-34.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Utomo, D.P. (2020). Mengembangakan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Bildung
Walker Dick, Lou Carey. (2015). The Systematic Design Of Instruction. United States of America: Pearson.
Wibowo, Mungin Eddy. 2018. Profesi Konseling abad 21. Semarang: Unnes Press.
Widarto. 2015. Bimbingan Karier Dan Tips Berkarier. Yogyakarta: Leutikaprio.
Wingkel, W.S & Sri Hastuti. (2012). Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yusuf, S & Nurihsan, A.J. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.