TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, PERLOKUSI PADA FILM ANTARA SKRIPSI DAN KEDAI KOPI

Main Article Content

Dewi Afriyani Intan Sari Ramdhani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam wacana dialog film antara skripsi dan kedai kopi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan tindak tutur llokusi, ilokusi, perlokusi dalam dialog film antara skripsi dan kedai kopi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik telaah pustaka dan pengumpulan data oleh peneliti sendiri sebagai instrument kunci. Hasil dari penelitian ini terungkap sebanyak 9 tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi

Article Details

How to Cite
[1]
D. Afriyani and I. Ramdhani, “TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, PERLOKUSI PADA FILM ANTARA SKRIPSI DAN KEDAI KOPI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 80-82, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

Arfianti, Eka. 2020. Pragmatik: Teori dan Analisis. Semarang: PIlar Nusantara.
Maryanto, Prasetyo Budi. 2019. Ilokusi Tuturan Guru dalam Interaksi Pembelajaran di SMA. Pekalongan: NEM.
Septiana, Mariana Helga Eka. Susrawan, I Nyoman Adi. Sukandi, Ni Luh. 2020. “Analisis Tindah Tutur Lokusi, Ilokusi, Perlokusi Pada Dialog Film 5CM Karya Rizal Mantovani (Sebuah TInjauan Pragmatik)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1. ISSN :2774-6259. Denpasar, Bali.
Suryanti. 2020. Pragmatik. Boyolali: Leiksha.
Wibowo, Wahyu. 2009. Menuju Jurnalisme Beretika. Jakarta: Buku Kompas.