ANALISIS PENDAHULUAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA RUMAH GADANG DI SMP KELAS VII
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di beberapa sekolah menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih berada pada kategori rendah, selain itu, perangkat pembelajaran yang digunakan selama ini belum dikaitkan dengan budaya sekitar peserta didik, pendidikan tidak bisa dilepaskan dari peran serta budaya dan masyarakat karena proses perkembangan individu peserta didik sangat memerlukan lingkungan belajar yang baik. Untuk mengatasi permasalahan ini dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu mengintegrasikan pembelajaran di sekolah dengan lingkungan sekitar peserta didik yaitu perangkat pembelajaran geometri berbasis etnomatematika rumah gadang berupa RPP dan LKPD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan prototipe, dan tahap penilaian. Peneliti melakukan Analisis pendahuluan berupa Analisis kebutuhan, Analisis peserta didik, Analisis Kurikulum dan Analisis Konsep untuk mengetahui perangkat seperti apa yang dibutuhkan oleh Guru dan Peserta didik. Berdasarkan analisis ditemukan bahwa peserta didik membutuhkan suatu perangkat pembelajaran matematika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan sesuai dengan budaya sekitar. Untuk mencapai perangkat pembelajaran yang seperti itu maka diperlukan perangkat pembelajaran Geometri berbasis etnomatematika Rumah Gadang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bishop, A. (1994) ‘Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda.’, For the Learning of Mathematics, 14(2), pp. 15–18.
BPOM (2013) ‘Berita Negara’, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 69(127), pp. 1–16.
Fauzan, A., Tasman, F. and Fitriza, R. (2020) ‘ Exploration of Ethnomathematics at Rumah Gadang Minangkabau to Design Mathematics Learning Based on RME in Junior High Schools ’, 504(ICoIE), pp. 279–283. doi: 10.2991/assehr.k.201209.234.
Fauzan, A. and Yerizon (2013) ‘Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa’, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, pp. 7–14.
Fitriza, R. et al. (2018) ‘The Exploration of Ethno-Mathematics Embedded on Traditional Architecture of Rumah Gadang Minangkabau’, 160(Incomed 2017), pp. 270–276. doi: 10.2991/incomed-17.2018.57.
Gravemeijer, K., Fauzan, A. and Plomp, T. (2013) ‘The development of an rme-based geometry course for Indonesian primary schools.’, Educational design research – Part B: Illustrative cases, (2013), pp. 159–178.
Habe, H. and Ahiruddin, A. (2017) ‘Sistem Pendidikan Nasional’, Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 2(1), pp. 39–45. doi: 10.24967/ekombis.v2i1.48.
Heuvel-Panhuizen van den, M. (2003) ‘the Didactical Use of Models in Realistic’, Educational Studies in Mathematics, 54, pp. 9–35.
Istiqomah, J. Y. N. and Indarini, E. (2021) ‘Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 670–681. doi: 10.31004/cendekia.v5i1.553.
Marsena, N., Fauzan, A. and Gistituati, N. (2021) ‘Development of Problem-Based Mathematics Teaching Materials for Elementary School Students’, International Journal of …, 3(2), pp. 41–47. Available at: http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS/article/view/303.
Rusdi et al. (2020) ‘Designing Mathematics Learning Models Based on Realistic Mathematics Education and Literacy’, Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). doi: 10.1088/1742-6596/1471/1/012055.
Ruyadi, Y. (2010) ‘MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL (Penelitian terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah)’, Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, (November), pp. 8–10. Available at: http://file.upi.edu/Direktori/PROCEEDING/UPI-UPSI/2010/Book_3/MODEL_PENDIDIKAN_KARAKTER_BERBASIS_KEARIFAN_BUDAYA_LOKAL_(Penelitian_terhadap_Masyarakat_Adat_Kampung_Benda_Kerep_Cirebon_Provinsi_Jawa_Barat_untuk_Pengembangan_Pendidikan_Karakter_di_Sekolah).
S. Sirate, F. (2012) ‘Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), pp. 41–54. doi: 10.24252/lp.2012v15n1a4.
Setiawan, H., Fauzan, A. and Arnawa, I. M. (2021) ‘The Development of Geometrical Learning Devices Based on Rumah Gadang Ethnomathematics for Grade VII Junior High School’, Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). doi: 10.1088/1742-6596/1742/1/012003.
Syafriandi et al. (2020) ‘A Local Instructional Theory to Learn the Concept of Test Criteria in Hypothesis Testing Based on Realistic Mathematics Education’, 504(ICoIE), pp. 158–164. doi: 10.2991/assehr.k.201209.211.
Yarman et al. (2021) ‘The Development of Student Worksheet Based on Realistic Mathematics Education in Ordinary Differential Equations of Order-1’, Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). doi: 10.1088/1742-6596/1742/1/012018.