PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA PADA MATERI JURNALKHUSUS KELAS XII IPS SMA NEGERI I BATANG NATAL

Main Article Content

Mariatul Kubtiyah Ritonga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran adanya pengaruh antara Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus di Kelas XII SMA Negeri 1 Batang Natal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batang Natal. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 138 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Dan teknik analisa data yang digunakan adalah pengolahan pengolahan data melalui SPSS dan pengujian Hipotesis I diperoleh nilai rx1y sebesar 0,557. Hasil pengujian hipotesisnya diperoleh niali signifikan lebih kecil daripada nilai α dengan taraf signifikan 5% (0.000 < 0.05) artinya hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Sehingga peniliti memperoleh temuan yaitu “Terdapat Pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar) terhadap hasil belajar akuntansi siswa materi jurnal khusus XII IPS SMA Negeri 1 Batang Natal.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ritonga, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA PADA MATERI JURNALKHUSUS KELAS XII IPS SMA NEGERI I BATANG NATAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 1, p. 40, Oct. 2018.
Section
Artikel