RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN WEBSITE BERDU.ID POKOK BAHASAN ETNOFISIKA

Main Article Content

Balya Aulia Assiddiqi Lailatul Nuraini Miranda Evi Murniati Shabira Hafiz Azura Vira Safitri Yuliyantika Yuliyantika

Abstract

Revolusi 4.0 secara fundamental berdampak pada berubahnya cara berpikir manusia, hidup, dan hubungan antar sesama. Era ini sangat berpengaruh pada dunia pendidikan, dimana dengan kemajuan teknologi hendaknya pendidikan dapat diintegrasikan kedalam teknologi informasi guna menunjang proses pembelajaran. Pengintegrasian teknologi tersebut distimulus juga oleh kebutuhan pembelajaran etnofisika bagi program studi Pendidikan fisika Jember. Selaras dengan meningkatnya kebutuhan pembelajaran, maka perlu dirancang E-Learning berbasis web. Media pembelajaran E-Learning adalah media online yang memanfaatkan jaringan internet dan komputer untuk memberikan informasi dan komunikasi, dimana dengan adanya E-Learning ini mampu merubah proses pembelajaran antara siswa dan guru lebih interaktif. Metode yang digunakan SDLC (System Development Life Cycle). Hasil penelitian diketahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran E-Learning dalam kategori sangat baik dengan persentase skor rata- rata  87,15%.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Assiddiqi, L. Nuraini, M. E. Murniati, S. H. Azura, V. Safitri, and Y. Yuliyantika, “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN WEBSITE BERDU.ID POKOK BAHASAN ETNOFISIKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 95-100, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

Aditia, R., Susilo, B., & Purwandari, E. P. 2017. Media Pembelajaran Kalkulus I Berbasis Web pada Materi Operasi Fungsi Bilangan Bulat. Jurnal Rekursif, 5(3), 360-373.
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. 2021. Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Sumarni, R. A. 2021. Identifikasi Budaya Menjemur Padi “MOE” di Lebak sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnofisika. NUCLEUS, 2(1), 33-38.
Garamesa, P., Kalawey, R. Y., & Sitaniapessy, D. A. 2022. Rancang Bangun Sistem E-Learning Berbasis Web di SMA Negeri 1 Waingapu. IJIRSE: Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering, 2(2), 120-127.
Kumar Basak, S., Wotto, M., & Belanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis. E-learning and Digital Media, 15(4), 191-216.
Manisa, T., Aryati, E., & Marlina, R. 2018. Respon Siswa Terhadap Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas Xi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1.
Nugroho, Untung. 2018. Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Grobogan: CV. Sarnu Untung.
Ridwan, M., Fitri, I., & Benrahman, B. 2021. Rancang Bangun Marketplace Berbasis Website menggunakan Metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan Model Waterfall. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 5(2), 173-184.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zaus, M.A., R.E.Wulansawi., S. Islami, dan D. Pernanda. 2018. Perancangan Media Pembelajaran Listrik Statis dan Dinamis berbasis android. Journal of Information Technology and Computer Science, 1 (1), 1-7.
Diah.R.A, dan U.Fadhillah. 2015. Rancang Website dan E-learning di TPQ Al-Fadhillah. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 1(1), 40-43.