KAJIAN IMPLEMENTASI SPMI (SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL) SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

Main Article Content

Muhammad Syahril Harahap Syawal Gultom Darwin . Rosnelli . Nurhidaya Fithriyah Nasution

Abstract

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah suatu keniscayaan bagi sekolah dasar, menengah dan juga Perguruan Tinggi. Penetapan penjaminan mutu (quality assurance) bagi seluruh Perguruan Tinggi melalui Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) telah lama diumumkan pemerintah. Berdasarkan Undang undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Senada dengan ini di sekolah juga sudah ditetapkan SPMI dalam  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2016 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah pada Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 ayat 4. SPMI itu membuat suatu organisasi menjadi berbudaya mutu, selain itu akan meningkatkan juga citra instansi terlebih di dunia pendidikan yang harus memenuhi kebutuhan pengguna. Namun di Indonesia SPMI ini terkadang dilaksakan hanya bersifat insidensial artinya dilaksakan dan disiapkan untuk akreditasi (SPME) Sistem Penjaminan Mutu Eksternal. Sehingga hasil mutu yang digambarkan terkadang tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Maka selayakna Instansi pendidikan di Indonesia perlu membudayakan mutu dalam kesehariannya dan rutin. Maka perlu kita kaji bagaimana rekomendasi implementasi SPMI yang baik bagi Instansi Pendidikan di Indonesia.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Harahap, S. Gultom, D. ., R. ., and N. Nasution, “KAJIAN IMPLEMENTASI SPMI (SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL) SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 447-480, Jan. 2023.
Section
Artikel

References

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) , 3(1), 161–169. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp161-169
Besterfield, D. H. (2003). Total Quality Management. Prantice Hall.
Darsimah, D. (2020). Implementasi SPMI di SDN Wonotingal dapat Menumbuhkan Penguatan Karakter Pendidik dan Peserta Didik. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(2), 141–143. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i2.5726
Ferils, M., & Syarifuddin. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MUHAMMADIYAH MAMUJU. Competitiveness, 9(3), 21–36.
FMIPA, U. (2014). Buku Sistem Penjaminan Mutu Internal Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal.
Marbun, V. E., Harahap, M. S., & Darwin. (2022). Survey Karakter Kepemimpinan Efektif Dalam Budaya Batak ( Studi Eksplorasi Di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam. Jurnal Education and Development, 10(2), 562–566.
Nasution, L., & Rapono, M. (2018). Strategi Dalam Menghadapi Persaingan Perguruan Tinggi Di Propinsi Sumatera Utara Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus UMN Al Washliyah Medan). Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 5(1), 9. https://doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1745
Puspa, E. M., Sutanto, A., & Aminin, S. (2021). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Pada Sekolah Model Lampung Timur. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 1(1), 20–32. https://doi.org/10.24127/poace.v1i1.610
Ragil, Y. A., Meilani, S. M., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 567. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.420
Rosdiana, F., & Soedarmo, U. R. (2019). Sistem Penjaminan Mutu dalam Mewujudkan Mutu Sekolah Pada Sekolah Model dan Sekolah Imbas. Manajemen Pendidikan, 3(1), 1–6.
Saifulloh, A. (2012). Konsep Continuous Quality Improvement (CQI) dalam Dunia Pendidikan. At-Ta’dib, 7(1), 1–13.
Satpathy, M., Harrison, R., Snook, C., & Butler, M. (2001). A generic model for assessing process quality. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2006, 94–110. https://doi.org/10.1007/3-540-44704-0_8
Subijanto, Kadaryanto, B., Venus Ali, N. B., Sulistiono, A. A., Widiputera, F., & Dwi Martini, I. A. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh Di Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2), 135–150. https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i2.512
Sulaiman, A., & Wibowo, U. B. (2016). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 17. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8197
Sumeyasa, I. N., Sunu, I., & Ariawan, I. P. W. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Sekolah Model Kabupaten Tabanan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Penebel). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 75–84. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/3409/1835
Sunardi, Abdul, F., & Pahlevi, R. F. (2021). Implementasi Algoritma Weighted Sum Model dalam Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(2), 935–946. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i2.700
Wardoyo, C., Herdiani, A., Susilowati, N., & Harahap, M. S. (2020). Professionalism and professionalization of early stage teachers in higher education. Journal of Applied Research in Higher Education. https://doi.org/10.1108/JARHE-04-2019-0100
Zahrok, A. L. N. (2020). Implementasi sistem penjaminan mutu internal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31288