ANALYSIS OF CITIZENS' LANGUAGE COMMENTS IN THE COMMENT COLUMN OF INSTAGRAM ACCOUNT @MASTERCORBuzier

Main Article Content

Faisal Syafaul Nur Amil Intan Sari Ramdhani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji prinsip dan pelanggaran kesantunan berbahasa warganet pada kolom komentar postingan akun instagram @mastercorbuzier. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitiannya adalah tuturan komentar warganet dalam kolom komentar. Subjek penelitian didapatkan melalui media sosial instagram. Sedangkan, objek dalam penelitian ini yaitu tuturan yang kesantunan berbahasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah kartu data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan prinsip dan pelanggaran kesantunan berbahasa dalam kolom komentar pada postingan akun instagram @mastercorbuzier. Prinsip atau bentuk kesantunan yang ditemui dalam beberapa kolom komentar pada Instagram yang terprinsip dalam data tuturan yang mengandung maksim kebijaksanaan, maksim pujian, maksim kesimpatian, maksim kerendahan hati, maksim kemurahan atau maksim kedermawanan. (2) Selain itu terdapat pelanggaran atau penyimpangan terhadap prinsip kesantunan berbahasa yaitu berupa pelanggaran terhadap maksim kebijaksanaan, pelanggaran terhadap maksim pujian, pelanggaran terhadap maksim kesimpatian dan pelanggaran terhadap maksim kerendahan hati. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis kesantunan berbahasa warganet dalam beberapa kolom komentar berita di media sosial facebook yang telah dipaparkan, ditemukan 8 data yang menunjukan adanya prinsip pematuhan pada prinsip kesantunan yaitu terdapat 2 maksim kebijaksanaan, 2 maksim pujian, 1 maksim kerendahan hati, 2 maksim kesimpatian dan 1 maksim kemurahan. Pelanggaran pada prinsip kesantunan juga banyak ditemukan dalam komentar warganet pada kolom komentar media sosial facebook dengan jumlah data yang penulis analisis yaitu 5 data, dengan rincian data sebagai berikut. Terdapat 2 data pelanggaran maksim kebijaksanaan, 1 pelanggaran maksim kesimpatian, 1 pelanggaran maksim pujian dan 1 data pelanggaran maksim kerendahan hati.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Nur Amil and I. Ramdhani, “ANALYSIS OF CITIZENS’ LANGUAGE COMMENTS IN THE COMMENT COLUMN OF INSTAGRAM ACCOUNT @MASTERCORBuzier”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 280-286, May 2023.
Section
Artikel

References

Nadar, F.X. (2013). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Andini, H. M. (2017). Jenis-jenis tindak tutur dan makna pragmatik bahasa guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2016/2017. Universitas Sanata Dharma. (Diakses 17 November 2022)
Iswara, A. A., & Susana, K. Y. (2019). Analisis kesantunan bahasa media sosial: Komunikasi mahasiswa kepada dosen stmik stikom Indonesia. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 3(2), 10-29. (Diakses 17 November 2022).
Pragmatik. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Robani, A. (2019). Konsep Pendidikan Moral dan Etika Dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung) (Diakses 20 November 2022).
Yanti, L. P. F. Suandi, I. N., & Sudiana, I. N. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Warganet Pada Kolom Komentar Berita di Media Sosial Facebook. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 139-150. (Diakses 20 November 2020)