ANALISIS WACANA KRITIS ILM DIREKTORAT PROMKES DAN PM KEMENKES RI MENGENAI VAKSINASI COVID-19

Main Article Content

Citra Retno Yulianti Sinta Rosalina Slamet Triyadi

Abstract

Di tengah pandemi Covid-19 yang mengganggu kehidupan masyarakat, berbagai media massa berperan aktif dalam menyebarkan informasi mengenai Covid-19. Hal tersebut, menyebabkan banyak informasi bohong yang tersebar dan membuat resah masyakat. Menyoroti kasus informasi palsu, peneliti tertarik untuk mengkaji informasi yang beredar di tengah masyarakat, dengan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan analisis wacana kritis iklan layanan masyarakat Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI mengenai Vaksinasi Covid-19 dengan teori Teun A. Van Dijk. Serta merekomendasikan hasil penelitian sebagai bahan ajar interaktif berbasis aplikasi android dalam materi teks iklan di tingkat SMP. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik simak-catat, dengan metode deskriptif. Analisis wacana kritis model Teun. A Van Dijk berupa pengklasifikasian struktur makro, superstruktur dan struktur mikro yang terdiri atas 18 elemen, ke dalam iklan layanan masyarakat Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI. Iklan layanan masyarakat yang diambil sebagai subjek penelitian terdiri atas lima video mengenai vaksinasi Covid-19. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa sebagian besar iklan layanan masyarakat memuat seluruh elemen yang terdapat pada struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Berdasarkan hasil tersebut iklan layanan masyarakat Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI layak dihubungkan sebagai bahan ajar tambahan yang memudahkan guru dan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.


 

Article Details

How to Cite
[1]
C. Yulianti, S. Rosalina, and S. Triyadi, “ANALISIS WACANA KRITIS ILM DIREKTORAT PROMKES DAN PM KEMENKES RI MENGENAI VAKSINASI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 329-341, May 2023.
Section
Artikel

References

Eriyanto. (2017). Analisis Wacana Kritis Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT.LkiS Printing Cemerlang.
Fourqoniah, F., & Aransyah, M. F. (2020). Buku ajar pengantar periklanan. Klaten: Lakeisha.
Kemdikbud. (2015). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: PP-PAUDNI.
Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Yogyakarta: Rajawali Press.
Mandarani, V. (2018). Critical Discourse Analysis in Media Perspektives. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.
Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Yogyajarta: Pustaka Pelajar.
Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Pujiyanto. (n.d.). Iklan Layanan Masyarakat. Buku Beta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.