PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN

Main Article Content

Dwi Aninditya Siregar Lia Purnama Sari Ermawita Ermawita Rahmad Fauzi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, data yang diperlukan peneliti merupakan data dalam bentuk uraian katakata. Penelitian ini untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di  SMP Negeri Angkola Selatan sehingga terbentuk karakter peduli lingkungan pada peserta didik yang akan bermanfaat di masa yang akan datang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai karakter peduli lingkungan di SMP Negeri Angkola Selatan adalah 1. Peserta didik masih belum terbiasa memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah. 2. Peserta didik belum terbiasa memilah sampah 3.Peserta didik belum terbiasa dalam menghemat energi. 4. Peserta didik belum aktif adalam kegiatan peduli lingkungan. 5. Peserta didik sudah memperindah kelas dan sekolah dengan taman.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Siregar, L. Sari, E. Ermawita, and R. Fauzi, “PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 168-171, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Hendriana, Cinda Evinna, Jacobus, Arnold. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah
Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 1, No.2. September 2016.
Iswari, Rizky Dewi & Suyud W. Utomo. 2017. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 15, No. 1, Hlm. 35-41
Nurani, Novian Fitri., Saiful Ridlo & Sri Mulyani Endang Susilowati. 2014. Pengembangan Modul Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Berbasis Karakter Untuk Menumbuhkan Wawasan Dan Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 3, No. 1, Hlm. 53-60
Saifulloh, M., Suryani, A., Muhibbin, Z., Hanoraga, T., Nurif, M., Trisyanti,, Rahadiantino, L. (2020). Pengembangan Karakter Cinta Lingkungan Sekolah Melalui Eco-School Branding dan Peer Teamworking. Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 4(2), 108–114
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suyadi. 2012. Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Mentari Pustaka