MODEL PENGAJARAN UNTUK ANAK AUTISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS HOMOGEN ANTARJENJANG DI SLB TUNAS MULYA SURABAYA

Main Article Content

Chiko Bian Faizy Risma Winda Lestari Diana Dzurriyatur Roviat Gilang Arya Bagaskara

Abstract

Pendidikan merupakan hak wajib yang dimiliki oleh setiap warga negara, termasuk untuk para penyandang disabilitas yang dapat bersekolah pada satuan pendidikan inklusi maupun satuan pendidikan luar biasa. Salah satu anak berkebutuhan khusus yang sangat diperhatikan yaitu anak autisme. Anak autisme mempunyai karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda pada tiap individunya. Sehingga biasanya ditangani oleh satu pendidik dengan model pembelajaran yang disesuaikan. Tetapi di SLB Tunas Mulya menerapkan kelas homogen antarjenjang pada ketunaan autisme karena kekurangan pendidik. Sehingga satu pendidik mengajar beberapa siswa autisme yang berbeda jenjang dan berbeda model pembelajarannya. Kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di SLB Tunas Mulya dan melakukan wawancara dengan pendidik di sana. Hasil yang dapat ditemukan dari observasi tersebut adalah beberapa kegiatan, tindakan, dan kesulitan yang dilakukan tenaga pendidik dalam proses pembelajaran dengan bentuk kelas homogen tersebut.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Faizy, R. Lestari, D. Roviat, and G. Bagaskara, “MODEL PENGAJARAN UNTUK ANAK AUTISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS HOMOGEN ANTARJENJANG DI SLB TUNAS MULYA SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 150-154, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_3E73984D-07CD-40C7-9E81-3809CBC4081F_.pdf
Daroni, G. A. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Autis. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 2, 271-290.
Puspita Ningrum, Wuryani, W., & Lianty, L. . (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Autis. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 22(2), 74–87. https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.2848.2021
Vani, M. R. A. O., & Rianto, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK AUTIS. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(2).
Megasari, dkk.(2014). “Pola Interaksi Sosial Berbasis Gender dalam Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan 3, no. 2.
Eggen, Paul and Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Nugraheni, S. A. (2012). Menguak belantara autisme. Buletin Psikologi, 20(1-2),
Yulianto, Taufik, dkk. (2014) “Studi Perbandingan Hasil Belajar Fisika Sesaat Kelas Putra, Kelas Putri, dan Kelas Campuran Materi Getaran di SMAN 1 Kradenan Kabupaten Grobogan” Unnes Physics Education Journal 2, no. 2.9-17.
Yuwono, Joko. (2009). Memahami Anak Autistik: Kajian Teoritik dan Empirik. Bandung: Alfabeta.
Ratna, Nyoman Kutha. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar