VARIASI BAHASA DALAM KOMENTAR PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KALIS MARDIASIH: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Main Article Content

Winda Putri Rejeki Afnita Afnita

Abstract

Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, tentunya dalam berbahasa tidak terlepas dari menggunakan berbagai ragam bahasa. Oleh karena itu, eksistensi sosiolinguistik sangat berpengaruh untuk mengidentifikasi variasi bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Selain itu, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah video reels di instagram yang diunggah oleh influencer yakni Kalis Mardiasih dengan menyaring konten yang representative yaitu mengandung berbagai ragam bahasa di dalamnya. Pengambilan data dilakukan dengan metode sampling dari beberapa konten komentar warganet pada tayangan video reels Kalis Mardiasih yang akan dianalisis, kemudian menyimak bahasa yang digunakan baik verbal maupun non verbal, setelah itu mencatat dan mendokumentasikan ragam bahasa didalamnya. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam konten video yang diunggah oleh Kalis Mardiasih pada akun pribadi instagramnya bahwa terdapat berbagai ragam atau gaya bahasa digunakan dalam penyampaian pesan baik secara tulisan berupa campur kode, alih kode, interferensi, dan integrasi

Article Details

How to Cite
[1]
W. Rejeki and A. Afnita, “VARIASI BAHASA DALAM KOMENTAR PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KALIS MARDIASIH: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 409-412, May 2023.
Section
Artikel

References

Kholifah, Umi, and Atiqa Sabardila. 2020. “Analisis Kesalahan Gaya Berbahasa Pada Sosial Media Instagram Dalam Caption Dan Komentar.” Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra 15(3):352–64. doi: 10.14710/nusa.15.3.352-364.
Manaf, Eva Yuliana, Ikhwan M. Said, Asriani Abbas, Program Studi, Bahasa Indonesia, Ilmu Budaya, and Iniversitas Hasanuddin. 2021. “Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Wolio Ke Dalam Bahasa Indonesia Di Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Baubau.” 219 | Jurnal Ilmu Budaya 9(1):219–31.
Megawati, Putri, Sri Mahrani Harahap, and Anni Rahimah. 2021. “Gaya Bahasa Pantun Dalam Acara Falowa Budaya Nias Di Lingkungan VI Hutabalang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah.” Jurnal Education and Development 9(3):512–16.
Nurlianiati, dkk. 2019. “Alih Kode Dan Campur Kode Pada Konten Youtube Bayu Skak.” Seminar Nasional Literasi 07(1–8):257–67.
Nurlianiati, Miftakhus Sholikhah, Panji Kuncoro Hadi, and Ermi Adriani Meikayanti. 2019. “Campur Kode Dan Alih Kode Dalam Video Youtube Bayu Skak.” Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia 7(1):1. doi: 10.25273/widyabastra.v7i1.4530.
Rahman, Fauzi, Fakultas Bahasa, Universitas Indraprasta Pgri, 2022. “Gaya Bahasa Dalam Humor Webtoon Berjudul Tahilalats Ahmad Khoiril.”
Rini, Damayanti. 2018. “Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram.” Jurnal Widyaloka Ikip Widya Darma 5(3):261–78.
Savitri, Putu Weddha. 2021. “Variasi Bahasa Para Content Creator Di Youtube : Kajian Sosiolinguistik.” Semnalisa 67–73.
Sidharta, Driaskoro Budi, Oktrianti Diani, Dewi Kartika Sari, and Muhammad Abrian Nugraha. 2022. “Fenomena Bilingualisme Dan Diglosia Taruna Program Studi Manajemen Transportasi Perairan Daratan Politeknik Transportasi Sungai Danau Dan Penyebrangan Palembang.” Jurnal Education and Development : Institur Pendidikan