PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK LITERASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V

Main Article Content

Desy Ayu Wulandari Indri Astuti Dede Suratman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis website untuk literasi pembelajaran tematik kelas V. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE melalui tahap-tahap (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan partisipan 64 orang siswa SDIT Al Mumtaz dan 5 orang validator diantaranya ahli desain, ahli media, dan ahli materi. Data dari instrumen penelitian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen angket menggunakan skala Likert dengan rentang nilai 1-5. Hasil analisis data validasi oleh ahli terhadap media pembelajaran memperoleh skor 4,5 dengan kategori sangat baik. Hasil analisis uji empiris ke siswa melalui prosedur uji perorangan dengan skor 4,1; uji kelompok kecil dengan skor 4,4; dan uji lapangan dengan skor 4,2, menunjukkan respon siswa sangat baik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Pemberian tes literasi kepada siswa dilakukan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari nilai tes siswa sebelum dan sesudah penggunaan media dengan ???????? ≥ ????????????????????????, yaitu ????????=9,66 dan ????????????????????????=1,699. Penghitungan n-gain memperoleh nilai sebesar 0,35 dengan kategori sedang, yang berarti adanya peningkatan hasil belajar setelah penggunaan media pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis website efektif untuk literasi pembelajaran tematik kelas V

Article Details

How to Cite
[1]
D. Wulandari, I. Astuti, and D. Suratman, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK LITERASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 180-189, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

Fox, Leah C.C. (2014). Effects of Technology on Literacy Skills and Motivation to Read and Write. Education and Human Development Master's Theses 522. https://digitalcommons.brockport.edu/ehd_theses/522
Hsu, H.Y., & Wang, S. (2010). The Impact of Using Blogs on College Students' Reading Comprehension and Learning Motivation. Literacy Research and Instruction, 50:1, 68-88 To link to this article: http://dx.doi.org/10.1080/19388070903509177.
Imbar, K., Ariani, D., Widyaningrum, R., dan Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108 - 120. https://doi.org/10.21009/JPI.041.14
Irmayanti, S., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14 (1).
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 (2).
Mardi , H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Google Sites sebagai Media Pembelajaran kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo, 3(2), Hal 78 – 82.
OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. New York : Columbia University.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytial Framework PISA. Paris: OECD.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Sari, HV., & Hary, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (7).
Susilana, R. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech Volume 1(2)
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Goup.
Zaenuri, Marzuki, dan Jami’ah, Y. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Mumtaz Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 8 (3). ISSN: 2715-2723 (online).