PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK LITERASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis website untuk literasi pembelajaran tematik kelas V. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE melalui tahap-tahap (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan partisipan 64 orang siswa SDIT Al Mumtaz dan 5 orang validator diantaranya ahli desain, ahli media, dan ahli materi. Data dari instrumen penelitian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen angket menggunakan skala Likert dengan rentang nilai 1-5. Hasil analisis data validasi oleh ahli terhadap media pembelajaran memperoleh skor 4,5 dengan kategori sangat baik. Hasil analisis uji empiris ke siswa melalui prosedur uji perorangan dengan skor 4,1; uji kelompok kecil dengan skor 4,4; dan uji lapangan dengan skor 4,2, menunjukkan respon siswa sangat baik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Pemberian tes literasi kepada siswa dilakukan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari nilai tes siswa sebelum dan sesudah penggunaan media dengan ???????? ≥ ????????????????????????, yaitu ????????=9,66 dan ????????????????????????=1,699. Penghitungan n-gain memperoleh nilai sebesar 0,35 dengan kategori sedang, yang berarti adanya peningkatan hasil belajar setelah penggunaan media pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis website efektif untuk literasi pembelajaran tematik kelas V
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hsu, H.Y., & Wang, S. (2010). The Impact of Using Blogs on College Students' Reading Comprehension and Learning Motivation. Literacy Research and Instruction, 50:1, 68-88 To link to this article: http://dx.doi.org/10.1080/19388070903509177.
Imbar, K., Ariani, D., Widyaningrum, R., dan Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108 - 120. https://doi.org/10.21009/JPI.041.14
Irmayanti, S., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14 (1).
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 (2).
Mardi , H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Google Sites sebagai Media Pembelajaran kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo, 3(2), Hal 78 – 82.
OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. New York : Columbia University.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytial Framework PISA. Paris: OECD.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Sari, HV., & Hary, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (7).
Susilana, R. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech Volume 1(2)
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Goup.
Zaenuri, Marzuki, dan Jami’ah, Y. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Mumtaz Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 8 (3). ISSN: 2715-2723 (online).