PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 TANAH PINOH

Main Article Content

Neisya Benhadj Hairida Hairida Maria Ulfah Masriani Masriani Ira Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan oleh ahli serta respon guru terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R & D (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dibagi menjadi 3 tahap yaitu analisis (analyze), desain (design), dan pengembangan (development). Subjek penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis literasi sains yang melibatkan 5 guru IPA. 2 guru IPA SMP Negeri 1 Tanah Pinoh, 1 guru IPA SMP Negeri 2 Tanah Pinoh, 1 guru IPA MTs Negeri 1 Tanah Pinoh dan 1 guru IPA SMP IT Imam Syafi’i. Teknik pengumpulan data melalui instrumen penilaian, angket validasi dan angket uji respon guru. Penilaian kelayakan LKPD berbasis literasi sains oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli grafika dan ahli Bahasa. Hasil analisis data menunjukan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan valid dengan rata-rata kevalidan materi diperoleh 95,3%, kevalidan grafika diperoleh 97,6%, kevalidan bahasa diperoleh “97,9%”. Dan berdasarkan hasil respon guru terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains diperoleh 96%. Maka dari itu, Hasil penilaian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains pada materi pencemaran lingkungan dinyatakan valid serta dapat dipergunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung proses pembelajaran IPA khususnya pada materi pencemaran lingkungan

Article Details

How to Cite
[1]
N. Benhadj, H. Hairida, M. Ulfah, M. Masriani, and I. Lestari, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 TANAH PINOH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 255-261, May 2023.
Section
Artikel

References

Ainun, N., Masriani., Rasmawan R. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Proyek Pembuatan Ekstrak Indikator Alami Asam Basa. Jurnal Education And Development , 9 (3), 102-109.
Ardan, Andam. 2016. The Development Of Biology Teaching Material Based On The Local Wisdom of Timorese to Improve Student Knowladge and Attitude of Environment in Caring The Persevation of Environment. International Journal of Higher Eduction. 5(03), 190-200.
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Gormally, C., Brickman, P., & Lutz, M. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS): Measuring Undergraduates’ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE—Life Sciences Education, 11(4), 364–377.
Hairida, H., & Setyaningrum, V. (2020). The Development of Students Worksheets Based on Local Wisdom in Substances and Their Characteristics. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 106-116.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mumpuni, KE (2013) 'Potensi pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter dalam pembelajaran biologi di indonesia', in Prosiding Seminar Biologi.
Nohong, N. (2010). Pemanfaatan Limbah Tahu sebagai Bahan Penyerap Logam Krom , Kadmiun dan Besi Dalam Air Lindi TPA. Jurnal Pembelajaran Sains. 6(2), hal. 257–269.
OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus. http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-result-in-focus.pdf. Dialses 21 Mei 2018.
OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutaryono, dkk. 2014. Buku Pintar Pengelol aan Aset Desa, Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD): Yogyakarta.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.