PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN LAGU DI MADRASAH DARUL HIKMAH LOMBOK

Main Article Content

M Syahrul Anwar Habibia Adama Muassomah Muassomah Ulfa Mawaddah Ahmad Opier

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran nahwu hendaklah tidak monoton dan tidak mengesankan nahwu itu sulit dan membosankan seperti yang terjadi di Madrasah Darul Hikmah Darek Lombok Tengah,  tetapi guru hendaklah kreatif inovatif memakai metode yang mudah dan menyenangkan pada saat proses pembelajaran nahwu . Dari pemaparan di atas peneliti tertarik untuk menerapkan salah satu metode yang bisa mengobati kesulitan-kesulitan atau masalah- masalah dalam pembelajaran nahwu yaitu dengan metode media lagu. Dengan demikian dua masalah dirumuskan 1) bagaimana proses pembelajaran nahwu menggunakan metode lagu di kelas XI madrasah Darul Hikmah Darek Lombok Tengah. 2) bagaimana respond peserta didik  terhadap pembelajaran nahwu dengan lagu di kelas XI madrasah Darul Hikmah Darek Lombok Tengah. Desain penelitian yang digunakan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, Selanjutnya terkait teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket. Hasil dari penelitian pembelajaran nahwu dengan lagu di madrasah Darul Hikmah Darek Lombok Tengah yaitu: 1) proses pembelajaran nahwu dengan lagu yaitu: a) penyampaian materi, b) guru mereview, c) guru menulis lirik, d) guru melagukan, e) melagukan Bersama, f) siswa mencatat, g) melagukan ke depan (perorangan), dan yang terakhir evaluasi.  2) respon siswa terhadap pembelajaran nahwu dengan lagu yaitu: lebih menyenangkan, lebih ceria, lebih aktif, lebih percaya diri, cepat memahami, dan cepet menghafal kaidah nahwu.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Anwar, H. Adama, M. Muassomah, and U. M. Ahmad Opier, “PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN LAGU DI MADRASAH DARUL HIKMAH LOMBOK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 143-140, Aug. 2023.
Section
Artikel

References

Alpusari, M. (2013). Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Sekolah Dasar Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 10–17.
Campbell, L. (2006). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Intuisi Pers.
E. Mulyasa. (2017). Kurikulum berbasis kompetensi. Remaja Rosdakarya Offset.
Fitria, L. (2017). Pembelajaran Materi Fi’il Mudhari’di Kelas VII Mts dengan Lagu Ampar-Ampar Pisang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 3(3), 308–315.
Hidaya, S. (2011). Pengaruh musik klasik terhadap daya tahan konsentrasi dalam Belajar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Moleong, L. J. (2009). Penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Muassomah, M., & others. (2019). Learning Qawaid Through Language Game Adlif Kalimatan for Students of Arabic Language and Literature at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. ALSINATUNA, 5(1), 58–71.
Rahmah, T. H., & others. (2022). Pengaruh Metode Gambar dan Lagu Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Anak Tk. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga), 2(1), 58–74.
Rahman, A. F. (2016). Hubungan internal locus of control dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa sekolah menegah kejuruan (SMK). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1).
Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67.
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35–40.
Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 17.
Siti Ansoriyah. (2017). PENGARUH PEMBERIAN MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA SMAN 37 JAKARTA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 17.
Siti Sulaikho, L. M. (2020). ANALISIS PERMASALAHAN MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI SINTAKSIS BAHASA ARAB ( FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS KH. ABDUL WAHAB HASBULLAH ). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(3), 17.
Sugiono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan Penelitian Tindakan). Alfabeta.
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179–194.
Wahyuning, A. (2017). ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN NAHWU PADA SISWA KELAS VIII MTS AL IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016. Journal of Arabic Learning and Teaching, LISANUL ARAB, 6(1), 17.
Zuhri, S. (2010). Peranan Sekolah dalam Proses Sosialisasi Politik (Studi Penelitian Terhadap Siswa SMA Negeri 2 Semarang). UNIVERSITAS DIPONEGORO.