MANAJEMEN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN HIPMI (HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA) DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Yuli Eviyanti

Abstract

Kewirausahaan ialah konsep, sikap, maupun kemampuaun di dalam menciptakan hal-hal baru yang dibutuhkan dengan berlandaskan inovasi dan kreasi pada bidang sosial-ekonomi. Pengembangan suatu kewirausahaan tidak dapat dilepaskan suatu manajemen yang mumpuni. Dalam hal ini, keberadaan BPC. HIPMI Kota Padangsidimpuan tersebut dipandang sebagai bentuk manajemen kewirausahaan. Oleh sebab itu, manajemen kewirausahaan HIPMI di Kota Padangsidimpuan menjadi topik pembahasan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Metode ini digunakan untuk memberikan gambaran empiris terkait manajemen kewirausahaan HIPMI di Kota Padangsidimpuan. Observasi, wawancara, serta dokumentasi dijadikan sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Kemudian teknik analisis kualitatif (Model Miles dan Huberment) adalah teknik analisis yang dipakai untuk menganalisis data yang diperoleh melalui penelitian ini. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh stakeholder yang terlibat di dalam manajemen kewirausahaan HIPMI di Kota Padangsidimpuan. Setting penelitian ini adalah BPC. HIPMI Kota Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan, manajemen kewirausahaan HIPMI di Kota Padangsidimpuan telah dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan menerapkan fungsi: 1) perencanaan; 2) pengorganisasian; 3) pelaksanaan; 4) pengawasan, dan 5) evaluasi. Fungsi-fungsi tersebut diimplementasikan terkait dengan program-program kewirausahaan yang dimotori oleh HIPMI Kota Padangsidimpuan, antara lain: coaching clinic kewirausahaan, wirausaha muda-mahasiswa, serta pendampingan usaha UMKM.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Eviyanti, “MANAJEMEN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN HIPMI (HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA) DI KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 232-236, Apr. 2023.
Section
Artikel

References

Husaini dan Fitria, Happy. 2019. “Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam”. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supvervisi Pendidikan (JMKSP), Vol. 4. No. 1, Januari-Juni 2019, P-ISSN 2548-7094, E-ISSN 2614-8021.
Hutagalung, Bongsu, Raja, Situmorang, Helmi, Syafrizal dan Ramadini, Frida. 2008. Kewirausahaan: Pengantar Kewirausahaan. Medan: USU Press.
Munaroh, Munjiati., Rimiyati, Hasnah., Fajarwati. 2016. Kewirausahaan: Untuk Program Strata 1. Yogyakarta: Penerbit LP3M UMY.
Rohman, Abd. 2017. Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Intelegensia Media.
Rusdiana. 2018. Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
Setyawati, Wahyu, Novita. 2019. “Kajian Pengembangan Kewirausahaan pada Kawasan Transmigrasi”. Jurnal Maksipreneur. Vol. 8. No. 2. Juni 2019.
Solihin, Ismail. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2012.