PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Arika Hary Cahyono Muslimin Ibrahim Nadi Suprapto

Abstract

Fokus penelitian ini ialah pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) untuk siswa kelas IV sekolah dasar dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini tujuannya ialah agar dapat menaikkan keterampilan peserta didk dalam berpikir kritis dan problem solving dengan melalui perangkat pembelajaran berbasis STEM. hasil kualitas produk dari perangkat pembelajaran terhadap aspek kevaliditasan untuk sebagian besarnya ialah dengan nilai V= 0,83 – 1 pada setiap item yang diukur, dengan demikian dapat dihasilkan kesimpulan bahwa produk ini sangat layak dan valid untuk digunakan. Berbagai produk dalam pengembangannya yang berlandaskan terhadap aspek kepraktisa ini mencakup dengan terlaksananya berbagai tahapan pembelajaran dari pendidik dan peserta didik dengan nilainya berturut-turut ialah 91% dan 86%, ini masuk dalam kategori yang sangat baik, kualitas produk pengembangan in berlandaskan terhadap aspek keefektivitas yang berlandaskan terhadap terdapatnya kemampuan berpikir kritis dan problem solving peserta didik yang meningkat. Hasil analisis data ini memperlihatkan bahwa ada peningkatan signifikan dalam hasil posttest peserta didik sesudah menjalani proses pembelajaran IPA berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) dikomparasikan dengan hasil hasil pretest sebelum pembelajaran. Meliputi peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar yang semula 25% menjadi 82%. Dalam hal ini artinya ialah bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan problem solving peserta didik sesudah menjalani proses pembelajaran dengan mengimplementasikan dari perangkat pembelajaran IPA berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM)..

Article Details

How to Cite
[1]
A. Cahyono, M. Ibrahim, and N. Suprapto, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 420-426, May 2023.
Section
Artikel

References

Azwar, S. (2012). Reliabiltas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Bybee, Rodger. (2013). The Case for STEM Education Chalengess and Opportunities. Arlington: National Science Teachers Assosiation.
Chan, Z. C. Y. 2019. Nursing Student’s View of Critical Thinking As “Own Thinking, Searching For Truth, And Cultural Influences. Nurse Education Today. 78, 14-18. Doi: 10.1016/j.nedt.2019.03.015
Dick. W, Carey. L. J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. Addison-Wesley Educational Publisher Inc.
Dinuta, N. (2015). The use of critical thinking in teaching geometric concepts in primary school. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 1(1), 788-794. Doi: 10.1016/j.sbspro.2015.02.205
Eggen, Paul.,&Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Kritis. (Satrio Wahono, Penerjemah). Boston: Pearson Education, Inc.
George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional module project based learning. [Online]. Diakses dari https://www.edutopia.org/article/new-research-makes-powerful-case-pbl
Gulo. 2002. Model Problem Solving. Jakarta: Yuma Pustaka
Hamalik. 2009. Pengertian Belajar. Jakarta: Yuma Pustaka
Hanover Research (2011). K-12 STEM education overview.
Hamiyah, N. dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Handayani, F. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science , Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Materi Hidrolisis Garam. Univeristas Syiah Kuala, 24.
Hasibuan, S.H dan Surya, E. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMKN Binaan Provinsi Sumatera Utara Medan. T.A 2015/2016. Jurnal Pendidikan Saung Guru, Vol 8 (2). UPI Bandung. ISSN 2086-7484.
Husamah dan Setyaningrum, Yanuar. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi: Panduan Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Khodijah, Nyayu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata
National STEM Education Center. 2014. STEM education network manual. Bangkok: The Institute for the Promotion of Teaching Science and Technology.
Pfeiffer, H. D., Ignatov, D. I., Poelmans, J., & Gadiraju, N. 2013. Conceptual Structures for STEM Research and Education. In 20th International Conference on Conceptual Structures,. ICCS (pp. 10-12)
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogjakatra: Pustaka Pelajar.
Poppy Kamalia Devi dkk. 2018. Materi IHT Instruktur Pelatihan Pembelajaran Berbasis STEM. Bandung. SEAMEO (South East Asia Ministry of Education Organization).
Syukri, M., Halim, Lilia. Dan Meerah, Mohd. T. S. 2013. STEM dalam Entrepreneurial Science Thingking “EsciT”: Satu Pengongsiaan Pengalaman dari UKM untuk Aceh. Prosiding Aceh Development International Conference 2013. Kuala Lumpur, Malaysia, 2013.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: PustakaPelajar
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Pranamedia Group
Tilaar, H.A.R., Jimmy Ph, Paat.,&Paat, Lody. (2011). Pedagogik Kritis Perkembangan, Substansi, danPerkembangannya di Indonesia. Jakarta: PT. RinekaCipta
Trianto. (2007). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto.(2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif beroarientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.
Yanuar, Yudi. 2018. Unit Pembelajaran STEM Mata Pelajaran IPA SMP Kelas IX Miniatur Rumah Hemat Energi. Bandung. SEAMEO (South East Asia Ministry of Education Organization).