PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS DAERAH PANTAI KENJERAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Siti Indayati Wahono Widodo Elok Sudibyo

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah guna melakukan pengembangan terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasiskan Etnosains Daerah Pantai Kenjeran guna Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa kelas V Sekolah Dasar; dan agar dapat menggambarkan mengenai respon siswa, keterampilan Berpikir Kritis, hasil belajar siswa, hasil keterlaksaan RPP, dan berbagai kendala yang ada dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan ke dalam dua tahapan, yakni tahapan pertamanya ialah mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Berbasiskan Etnosains daerah Pantai Kenjeran namun hanya dalam tahapan pengembangannya saja. Tahapan kedua ialah melakukan pengujicobaan terhadap perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan pada siswa yang jumlahnya terbatas. Untuk penelitian ini, subjek penelitiannya ialah siswa kelas V SDN Kedung Cowek I/253. Pengujicobaan dilaksanakan dengan mempergunakan One Group Pretest-Posttest Design. Untuk penelitian yang dilakukan ini, pengumpulan datanya dilaksanakan dengan menggunakan beberapa cara, di antaranya ialah angket respon siswa, hasil pengamatan dan tes. Untuk penelitian ini, teknik analisis datanya ialah dengan mempergunakan teknis analisis dengan deskriptif kuantatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya perangkat pembelajaran IPA berbasiskan etnosains daerah pantai Kenjeran sangat praktis, valid serta efektif terhadap pokok bahasan suhu dan kalor.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Indayati, W. Widodo, and E. Sudibyo, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS DAERAH PANTAI KENJERAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 375-380, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Agustianto, Agustianto dkk (2018). Effectiveness of Cooperative Learning Models of Type Peer Tutor and Two Stay Two Stray in Junior High Schools Reviewed from Students Physics Learning Activities. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. Volume 5, Issue 4 August, 2018
Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Akbar (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Akbar (2013) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosasa.s
Akbar, Sa’dun/ (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset
Arends, R. L. (2008). Learning to teach, belajar untuk mengajar: edisi ketujuh/buku dua. Terjemahan oleh Soetjipto, H.P dan Soetjipto, S.M
2012. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azra Džaferagić-Franca, dkk (2011). Kooperativno Učenje U Nastavi Mlađih
Razreda Osnovne Škole. Metodički obzori 7 Prethodno priopćenje
Betül Arisoy, Kamuran Tarim (2013) İşbirlikli Öğrenme Yönteminin Öğrencilerin Akademik Başarı, Kalıcılık ve Sosyal Beceri Düzeylerine Etkisi.
Hacettepe Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi (H. U. Journal Of Education) 28(3), 1-14 [2013]
Berry, F (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model
Kooperatif Think Pair Share dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Ketuntasan Belajar Siswa. (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya
Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Citrobroto, S. (1982). Prinsip-prinsip dan Teknik Berkomunikasi. Jakarta: Bhratara Karya Aksara
Darmiyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta
Deggen, P. dan Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: mengerjakan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta:Indeks
Djamarah. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta
Eggen & Kauchak, 2009. Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA Edisi ke-8 Bahasa Indonesia. Pustaka Pelajar Jogjakarta
Hakiim, L. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Hamiddin, 2010. Improving Students’ Comprehension of Poem Using Two Stray Two Stray Strategy. Journal of Social Scienses. Vol.10:316-318
Healy, Margaret dkk (2018). Cooperative Learning Outcomes From Cumulative Experiences of Group Work: Differences In Student Perceptions. Journal Accounting Education 2018, Vol. 27, No. 3, 286–308