ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI SMP N 3 DHARMA CARAKA TELUKDALAM T.P 2021/2022

Main Article Content

Rohpinus Sarumaha

Abstract

Jika siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematik yang baik maka mampu menyelesaikan permasalahan matematika, demikian sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dalam menyelesaikan permasalahan himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 3 Dharma Caraka Telukdalam berjumlah 32 orang. Penelitian ini dibatasi pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan materi himpunan. Teknik pengumpulan data adalah pemberian tes. Instrumen tes berjumlah 5 soal dan digunakan untuk mengetahui kemampuan kemampuan pemahaman konsep dengan indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematik dan menerapkan konsep secara algoritma dalam pemecahan masalah dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kemampuan pemahaman konsep tergolong rendah karena siswa tidak memahami permasalahan, salah memaknai suatu simbol, salah dalam mengoperasikan bilangan, tidak mampu menyajikan konsep himpunan dalam berbagai bentuk representasi matematik, tidak mampu menerapkan konsep operasi himpunan secara algoritma dalam pemecahan masalah. Peneliti menyarankan agar pembelajaran matematika lebih ditekankan pada penanaman konsep dasar matematika, siswa diharapkan lebih aktif, kreatif pada proses pembelajaran serta melatih kemampuan matematika dengan konteks yang beragam, guru diharapkan mendiagnosa kemampuan awal siswa agar memahami kemampuan dasar siswa serta perencanaan pembelajaran untuk perbaikan lebih terarah.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Sarumaha, “ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI SMP N 3 DHARMA CARAKA TELUKDALAM T.P 2021/2022”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 342-347, May 2023.
Section
Artikel

References

Akbar, R. O., & Cuyatno. (2016). Pengaruh Motivasi Bimbingan Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linier. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.24235/eduma.v1i1.275
Anggrayni, D., Haryanto, & Syaiful. (2021). Analisis Epistemic Cognition Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Teori Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 829–841. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.557
Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.280
Basuki, R. N., & Chotimah, S. (2021). Analisis Keesalahan Siswa Smp Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 691–698. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.691-698
Dachi, R., & Sarumaha, R. (2021). Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Di Desa Idala Jaya Hilisimaetano Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Education and Development, 9(3), 599–604.
Dahlan, Afgani Jarnai ,Junaidi, D. (2011). ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL Jarnawi Afgani Dahlan & Dadang Juandi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia. Pengajaran MIPA, 16(1), 128–138.
Edwaldus, D., Fayeldi, T., & Ferdiani, R. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Sub Materi Penyelesaian Spldv Dan Penerapan Spldv Menggunakan Three Tier-Test. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.4639
Fauziyah, R. S., Anriani, N., & Rafianti, I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Menggunakan E-Modul Berbantu Kodular Pada Smartphone. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 71. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.13180
Hariyadi, S., & Muttaqin., M. F. (2020). Pemahaman Konsep Geometri Pada Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Etnomatematika Bangunan Cagar Budaya Kota Semarang. Jurnal Review Pendidikan Dasar:Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT Refika Aditama.
Hidayat, M., Setiawan, H. R., & Rakhmadi, A. J. (2019). Konsep-Konsep Matematika oleh Ilmuwan Muslim. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 1(1), 59–67.
Idris, S., Rambe, D., Afriani, D., & Hastuti, H. (2021). Manajemen Kolaborasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat (Studi Deskriptif pada Organisasi Ikatan Keluarga Besar Baringin Sip). Hikmah, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.100
Ilfiyati, U., & Rahayu, R. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Langsung. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat) 2022, 118–125. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/188/197
Isgiyanto, A. (2011). Diagnosis Kesalahan Siswa Berbasis Penskoran Politomus Model Partial Credit Pada Matematika. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 308–325. https://doi.org/10.21831/pep.v15i2.1099
Ketaren, M. A., Rarastika, N., Endang, S., Khairani, D., & Mailani, E. (2019). Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Pengurangan Dan Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Media Muzax. Jurnal Guru Kita, 3(3), 234–239.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Ningsih, A. F., Nandang, & Lestari, W. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Indramayu Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Berdasarkan Self Regulatted Learning. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 583–593. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.1082
Nufus, H., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1810–1817. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1245
Prasetyo, K. B., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self- Efficacy Siswa Kelas VII Pokok Bahasan Geometri. PROSNAMPAS (Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana), 2(1), 975–980.
Purwaningsih, S. W., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 639–648. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648
Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579
Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau Dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 21–38. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/download/3267/2335
Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1128
Sarumaha, R. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smas kampus telukdalam melalui model pembelajaran penemuan terbimbing. Jurnal Education and Development, 3(1), 68–72.
Sarumaha, R., & Gee, E. (2021). Identifikasi Hombo Batu sebagai Media Pembelajaran Ditinjau Secara Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 155–166. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2019.e00146
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and Development, 6(1), 90–96.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA, cv.
Susanto, H. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(3), 451–462.
Tahir, T., & Marniati, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Miskonsepsi Matematis Siswa Sd Negeri 1 Lalolae. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(2), 34. https://doi.org/10.24269/silogisme.v6i2.4138
Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993