PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Main Article Content

Candra Kirana Ritonga Syaiful Bahri Darma Aditya

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja dan kompensasi terhadap kepuasan kerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah kepemimpinan, lingkungan kerja dan kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara”. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 140 orang Pegawai Negeri Sipil dalam hal ini Pejabat Administrator (Eselon III) untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis secara simultan, uji hipotesis secara parsial dan koefisien determinasi. Adapun hasil penelitian ini adalah : uji secara parsial bahwa variabel kepemimpinan, lingkungan kerja dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, sedangkan uji secara simultan bahwa variabel kepemimpinan, lingkungan kerja dan kompensasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Ritonga, S. Bahri, and D. Aditya, “PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 369-377, May 2023.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsini, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta.
Aruan, Quinerita Stevani dan Mahendra Fakhri. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Lapangan Departemen Grasberg Power Distribution PT. Freeport Indonesia. Jurnal MODUS Vol. 27 (2), 2015.
Badriyah, M. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan 1. Bandung : CV Pustaka. Setia.
Davis, Keith. 2010. Perilaku Dalam Organisasi. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta : Erlangga.
Dhermawan, Anak Agung Ngurah, I Gde Adnyana Sudibya dan I WayanMudiartha Utama. 2012. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan Vol. 6, 173 No. 2 Agustus 2012.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi Kelima). Semarang : Universitas Diponegoro.
Hasibuan, S.P. Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Ishak, Arep dan Hendri Tanjung. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.
Juliansyah, Noor. 2013. Penelitian Ilmu Manajemen, Tinjauan Filosofis dan. Praktis. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kencana.
Kartono, Kartini Dr. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Perkasa.
Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2014. Perilaku Organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Maindoka, P. B Tewal dan FS Rumokoy. 2017. Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi kerja, dan Kompensasi terhadap Kepuasan kerja pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 5, No 3 (2017).
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. 2011, Manajemen Sumber Daya manusia, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nitisemito. Alek S. 2011. Manajemen Personalia. Jakarta : PT. Ghalia Indonesia.
Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Profita, Dihan. Surachman dan Andarwati. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Pada Dinas Pemerintahanan Desa Kabupaten Lumajang (PEMDES). Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 4 No.2, Juni 2017, p 142-152.
Retnoningsih, Teguh. Bambang Swasto Sunuharjo dan Ika Ruhana. 2016. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 35 No. 2 Juni 2016.
Rivai, Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : dari Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada..
Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2011. Manajemen Sumber Daya. Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja. Grafindo.
Robbins, Stephen P. 2015. Organizational Behaviour, Tenth Edition (Perilaku Organisasi Edisi ke Sepuluh). Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan. Jakarta : Salemba Empat.
Saputra, Nika dan Rizki Afri Mulia. 2020. Kontribusi Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam. JM. Vol.2 No. 3. September 2020.
Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika. Aditama.
Siagian, Sondang P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara,. Bandung.
Soekarso. 2010. Teori Kepemimpinan. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Subekhi. 2012. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Jakarta : Prestasi Pustaka.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
Sukarja, R., dan Machasin. 2015. Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 7(2), 270-284.
Sutikno, Sobry M. 2014. Pemimpin Dan Gaya Kepemimpinan, Edisi Pertama. Lombok: Holistica.
Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Jakarta: Pranada. Media Group.
Thoha, Miftah. 2010. Pembinaan Organisasi, Proses Dianosa Dan Intervensi, Manajemen Kepemimpinan. Yogyakarta, Gava Media.
Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua. Jakarta :PT. Raja Grafindo Persada.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Wijono, Sutarto. 2010. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Fajar.