Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sel Volta SMA Muhammadiyah Pontianak

Main Article Content

Annisa Utami Hairida Hairida Rahmat Rasmawan Masriani Masriani Rody Putra Sartika

Abstract

Petunjuk praktikum ini dikembangkan sebagai variasi bahan ajar dalam melakukan praktikum. Penelitian dilakukan untuk menentukan tingkat kelayakan dan menguji respon guru terhadap petunjuk praktikum tersebut. Research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D digunakan dalam penelitian ini, meliputi tahapan define, design, development, dan dessiminate (4D), namun hanya sampai tahap ketiga yaitu development (tahap pengembangan). Subjek penelitian yaitu petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi sel volta untuk XII SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung digunakan sebagai teknik pengumpul data dalam penelitian ini sedangkan instrumen pengumpul data menggunakan angket uji kelayakan dan angket uji respon terhadap petunjuk praktikum tersebut. Uji validitas dilakukan berdasarkan aspek materi, grafika, dan bahasa yang divalidasi masing-masing oleh 3 dosen ahli. Hasil penelitian ini diperoleh persentase angket uji kelayakan materi, uji kelayakan grafik, dan uji kelayakan bahasa berturut-turut sebesar 97,3%; 97,1%; dan 98,0%. Hasil respon 2 orang guru kimia terhadap petunjuk praktikum memperoleh rata-rata sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing mendapat respon yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Utami, H. Hairida, R. Rasmawan, M. Masriani, and R. Sartika, “Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sel Volta SMA Muhammadiyah Pontianak”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 30-38, Aug. 2023.
Section
Artikel
Author Biographies

Annisa Utami, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rahmat Rasmawan, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Masriani Masriani, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rody Putra Sartika, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Aprianti, Rani., Kurniati, Tuti., & Kurniawan, R.A. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Laju Reaksi Untuk Siswa Kelas XI IPA di SMA Adisucipto Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1).
Aprilia, Lidia., Lestariningsih, Nanik., & Ayatusa’adah. (2020). Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Interaksi Makhluk Hidup pada Siswa MTs Darul Amin Palangkaraya. Journal of Biology Learning, 2(2), 112-120.
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyaldi, Muh. Yunus, & Auliah, Army. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Peserta Didik kelas XI MIA di SMAN 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Jurnal Chemica, 21(2), 207-218.
Colburn, Alan. 2000. An Inquiry Primer. Science Scope, 23(6), 42−44.
Djamarah,S.B. & Zain, Azwan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hairida, & Setyaningrum, Vidya. (2020). The Development of Students Worksheets Based on Local Wisdom in Substances and Their Characteristics in Junior High School. Journal of Educational and Technology, 6(2), 220-221.
Hairida, & Marmawi, Kartono. (2021). An Analysis of Students’ Collaboration Skills in Science Learning Through Inquiry and Project-Based Learning. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 6 (2), 219-228.
Imaniarta, Imalia., Sulistina, Oktavia., & Yahmin. (2013). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia. e-Journal UM, 2(1).
Indriyana, K.M., Pujani, N.M., & Selamet K. (2019). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2).
Indriyani, Rikah dkk. (2022). Pengembangan Penuntun Praktikum Materi Adsorpsi Isoterm Berbasis Tumbuhan Indigofera tinctoria L dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 6(4), 310-331.
Koretsky, M.D, Christine, K., & Gummer, E. (2011). Student Perceptions of Learning in the Laboratory: Comparison of Industrially Situated Virtual Laboratories to Capstone Physical Laboratories. Journal of Engineering Education, 100 (3), 540–573.
Rustaman, A. (2005). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sarlivanti, Adlim, & Djailani. (2014). Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(1), 75-86.
Seratih, Meisi Nur dkk. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa pada Materi Laju Reaksi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3739-3751.
Syamsu, Fetro Dola. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. BIOnatural, 4(2), 13-27.
Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Washington DC: National Center of Improvement of Educational System.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Ulia, Fitriatul., Sudarmin., & Sunarto, Wisnu. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Chemistry in Education, 6(2).