PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Febri Ramadanu Hanna Simanjuntak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran berbicara di sekolah dasar. Alasan pemilihan metode ini adalah model pembelajaran dalam keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Siswa kurang terampil dalam berbicara, seperti berkomunikasi, berpidato, dan berdebat. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya keterampilan berbicara. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksprimen, dengan membandingkan kelas perlakuan dengan kelas eksprimen. Kedua kelas dibandingkan hasilnya, langkah selanjutnya peneliti membuat simpulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes yang diberikan kepada guru dan siswa sekolah dasar. Temuan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kelas perlakuan (model pembelajaran jigsaw) lebih berhasil dan dominan meningkat hasil belajarnya dibandingkan hasil belajar siswa kelas eksprimen (model pembelajaran konvensional).

Article Details

How to Cite
[1]
F. Ramadanu and H. Simanjuntak, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 313-316, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Agustinus Suban Molan, M. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Talking Stick Terhadap Ketrampilan Berbicara Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 1 Nomor 2 , 176-183.
Asep Priatna, G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Volume IV Nomor 2, , 147-159.
Deswinta Febiyanti1, I. M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 2 , 282-291.
Dewi, A. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio visual. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 , 449-459.
Duwi Ratnasari, I. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Renjana Pendidikan Dasar - Vol. 2 No. 1 , 39-45.
Irfan Abdillah Ihsan, M. H. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar , Volume 3 Number 4 , 479-486.
Ni Made Wiwik Antari, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3 (3) , 174-182.
Ni Md Lian Minarsih, M. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write BerbantuanMedia Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 3 No 1 , 35-42.
Primary, h. &. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 2 Nomor 1 , 61-67.