ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA APOTEK LINGGA HUSADA Rahajeng Cahyaning Putri Cipto Prodi S1 Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani Balikpapan ajengcipto@stiemadani.ac.id

Main Article Content

Rahajeng Cahyaning Putri Cipto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen dalam mendapatkan pelayanan pada Apotek Lingga Husada baik secara simultan dan parsial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik sampling menggunakan Teknik Nonprobability sampling yang melibatkan 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil Liner berganda secara simultan menunjukkan variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empati dan Komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Apotek Lingga Husada. Secara parsial hanya ada dua variabel yaitu Bukti Fisik dan Empati yang berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen Apotek Lingga Husada sedangkan variabel lain yaitu Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Komunikasi secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Apotek Lingga Husada. Besarnya kontribusi variabel Kualitas Pelayanan sebesar 60.5% mempengaruhi kepuasan konsumen sendangkan 39.5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini


 


 

Article Details

How to Cite
[1]
R. Putri Cipto, “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA APOTEK LINGGA HUSADA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 54-58, Aug. 2023.
Section
Artikel

References

Alamsyah, Dedi. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta.
Azwar, Azrul. 2011. Pengantar Administrasi Kesehatan. Binarupa Aksura. Tangerang.
Cahyaning, Rahajeng Putri Cipto. 2019. Analisis Kualitas Kesehatan Publik (Studi Kasus Rawat Jalan RSUD Balikpapan). Jurnal Akuntansi Manajemen Malam. Vol 5 No.2.
Dewi, Puspa Wulandari. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan Stie Madani Balikpapan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani. Balikpapan.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Cetakan Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hardiyansyah. 2017. Manajemen Pelayanan & Pengembangan Organisasi Publik Dalam Perspektif Riset Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Cetakan Pertama. Gava Media. Yogyakarta.
, 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Edisi Revisi. Cetakan Pertama. Gava Media. Yogyakarta.
Haslinda. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UPT Wilayah III Pasar Klandasan Kota Balikpapan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani. Balikpapan.
Indah, Rina Sari. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poli Umum Pada Poliklinik Ibnu Sina Rapak Balikpapan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani. Balikpapan.
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. 208. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat : Jakarta.
Lovelock, Christoper H. dan Lauren K. Wright. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Ketiga. Indeks. Jakarta.
Mubarak, Wahid Iqbal dan Chayatin, Nurul. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat : Teori dan Aplikasi. Salemba Medika. Jakarta.
Nilasari, Eswika & Istiatin. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma. Vol 13 No.1.
Pohan, I.S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-dasar Pengertian Dan Penerapan.EGC.Jakarta
Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22: Pengelolaan Data Terpraktis. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Sinambela, Litjan Poltak, dkk.2014. Reformasi Pelayanan Publik. PT Bumi Aksara.Jakarta.
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. CV Alfabeta. Bandung.
, 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta. Bandung.
, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.
Sunyoto. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Caps. Yogyakarta.
Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa Merencanakan, Mengelola Dan Membidik Pasar Jasa. Cetakan Pertama. Caps. Yogyakarta.
Syafarufudin, Indra. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Unit Gedung A-RSCM Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi. Vol 1 No.1.
Syafri, Alfi Lubis dan Nur Rahmah Andayani. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal Of Business Administration. Vol 1 No.2.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2015. Service, Quality dan Satisfaction. Edisi Keempat. ANDI. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. ANDI. Yogyakarta.
Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Rekontruksi Pemikiran Dasar Serta Conttoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan,Sosial & Humaniora . Literasi Nusantara.
Qomariyah, Nur. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Surakarta. Bhirawa. Vol 2 No.2.
Rizki Ferry W, Sudjiono dan Mohammad Arifin. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Ruumah Sakit Kusta Kediri. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Kediri. Vol 1 No.2.