PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL AIR DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MATERI ZAT ADITIF
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan validitas atau kelayakan perangkat pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan; (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intellectually Repetation dengan Strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan. Luaran dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan serta untuk mengetahui bagaimana perolehan hasil belajar peserta didik. Kontribusi terhadap ilmu pengetahuan yakni Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan dinyatakan layak oleh para validator dapat digunakan di sekolah sekolah tingkat SMP. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan model pengembangan four-D. Lokasi penelitian ini adalah di SMPN 5 Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini berfokus pada melihat validitas perangkat pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan dan melihat perolehan hasil belajar peserta didik siswa SMPN 5 Kupang Tengah. Variabel penelitian ini meliputi validitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah Perangkat yang dikembangkan tergolong kategori layak; dan hasil belajar siswa tergolong dalam kategori baik
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ariasa. et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Peliatan Ubud Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesa. Vol. 2. No.1. 2014.
Cahyadi, W. 2008. Bahan Tambahan Makanan. Edisi kedua. Bumi Aksara. Jakarta
Handayani. 2016. Peran Strategi Active Knowledge Sharing (Saling Tukar
Pengetahuan) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Guru Kelas
VIIIA SMP Unismuh Makassar. JPF|. Vol. 5.No.1.38.ISSN 2302-8939.
Humaira, Herlina. 2012. Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII Siswa MTsN 2 BukitTinggi. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek.
Karuniatul, Ilma. 2020. Penerapan PhET sebagai Media Pembelajaran Struktur Atom dan Sistem Periodik Di SMK Nadhatul Ulama Sugio Lamongan, UNESA Journal of Chemical Education, ISSN: 2252-9454 Vol. 9, No. 3
Kustiani, M.,dkk.2012. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video. Departemen Fisika FST, Universitas Airlangga. Surabaya.
Muhtarom. 2012. Penerapan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dengan Strategi Peninjauan Kembali untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil
Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), Vol I, Edisi I.
Mustagfiri, Reza. 2013. Komparasi Model Pembelajaran AIR dan Ekspositori
terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol 2, No 1, Hal 58.Universitas NegeriSemarang.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/download/2209/206.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tafanao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 2, nomor 2.P-ISSN 2549-1725, E-ISSN 2549-4163
Unggul, Sudarmo. 2016. Kimia untuk Kelas X SMA. Jakarta: Erlangga