PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL AIR DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MATERI ZAT ADITIF

Main Article Content

Yustina Dwisofiani Lawung Maria Benedikta Tukan Kornelis Bria

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan validitas atau kelayakan perangkat pembelajaran  yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan; (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intellectually Repetation dengan Strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan. Luaran dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan serta untuk mengetahui bagaimana perolehan hasil belajar peserta didik. Kontribusi terhadap ilmu pengetahuan yakni Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan dinyatakan layak  oleh para validator dapat digunakan di sekolah sekolah tingkat SMP. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan model pengembangan four-D. Lokasi penelitian ini adalah di SMPN 5 Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini berfokus pada melihat validitas perangkat pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan dan melihat perolehan hasil belajar peserta didik siswa SMPN 5 Kupang Tengah. Variabel penelitian ini meliputi  validitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah Perangkat yang dikembangkan tergolong kategori layak; dan  hasil belajar siswa tergolong dalam kategori baik

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Lawung, M. Tukan, and K. Bria, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL AIR DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING MATERI ZAT ADITIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 158-163, Aug. 2023.
Section
Artikel

References

Anggraini, Mardiayu. et al. 2014. Pengaruh Penggunaan Active Knowledge Sharing terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kebakramat Tahun Pelajaran 2012/2013.Vol. 3.No. 1.ISSN: 2252-6897.
Ariasa. et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Peliatan Ubud Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesa. Vol. 2. No.1. 2014.

Cahyadi, W. 2008. Bahan Tambahan Makanan. Edisi kedua. Bumi Aksara. Jakarta

Handayani. 2016. Peran Strategi Active Knowledge Sharing (Saling Tukar
Pengetahuan) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Guru Kelas
VIIIA SMP Unismuh Makassar. JPF|. Vol. 5.No.1.38.ISSN 2302-8939.

Humaira, Herlina. 2012. Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII Siswa MTsN 2 BukitTinggi. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek.

Karuniatul, Ilma. 2020. Penerapan PhET sebagai Media Pembelajaran Struktur Atom dan Sistem Periodik Di SMK Nadhatul Ulama Sugio Lamongan, UNESA Journal of Chemical Education, ISSN: 2252-9454 Vol. 9, No. 3

Kustiani, M.,dkk.2012. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video. Departemen Fisika FST, Universitas Airlangga. Surabaya.

Muhtarom. 2012. Penerapan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dengan Strategi Peninjauan Kembali untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil
Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), Vol I, Edisi I.

Mustagfiri, Reza. 2013. Komparasi Model Pembelajaran AIR dan Ekspositori
terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol 2, No 1, Hal 58.Universitas NegeriSemarang.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/download/2209/206.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tafanao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 2, nomor 2.P-ISSN 2549-1725, E-ISSN 2549-4163

Unggul, Sudarmo. 2016. Kimia untuk Kelas X SMA. Jakarta: Erlangga