ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN

Main Article Content

Sari Wahyuni Rozi Nasution Lukman Hakim Siregar Rina Sari Situmorang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar Aplikasi Koputer materi Microsoft Word dan Excel; (2) faktor yang menjadi penyebab mahasiswa mengalami kesulitan belajar Aplikasi Komputer materi Microsoft Word dan Excel; (3) upaya yang dilakukan dosen dan mahasiswa mengatasi kesulitan belajar Aplikasi Komputer materi Microsoft Word dan Excel. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan Dosen Aplikasi Komputer dan seluruh mahasiswa Pendidikan Vokasional Informatika Semester IB. Teknik analisis data yaitu deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) mahasiswa mengalami kesulitan belajar terlihat dari hasil angket 35% mahasiswa mengalami kesulitan belajar; (2) faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa terbagi atas 2, yakni internal dan eksternal; (3) upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kesulitan belajarnya yakni dengan mengikuti les belajar, mengikuti kelompok belajar dan mengulangi kembali pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya. Dosen dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswanya yakni dengan melakukan remedial dan mangulang kembali pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya.

Article Details

How to Cite
[1]
S. W. Rozi Nasution, L. Siregar, and R. Situmorang, “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 269-274, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Ade, Clinton. S., Ridha, M. F., & Mutiara, S. S. 2022. Pelatihan Microsoft Office Word dan Powerpoint Kepada Siswa SMP Gereja Kristen Profestan Indonesia Padang Bulan (Pamen). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1): 2.
Baenil, H., & Bayu, P. 2019. Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-Commerce. Jurnal Systematics. 1 (2): 82.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irham, M. & Novan, Ardy W. 2014. Psikologi Pendidikan dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jasmalinda. 2021. Pengaruh Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance dan Empathy Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Koperinding Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian. 1 (10): 256.
L. Siregar, “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no.1, p. 91, jan. 2019.
Lambert, J., & Cox, J. 2013. Step By Step Microsoft Word 2013. United States of America: Microsoft Press.
Marlina. 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Kencana
Nurhidayati S., Fazilatul, M., & Khardianti A. I. 2022. Penggunaan Microsoft Office Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. 8 (1): 30.
Nurul, A., Achmad, L. F., & Joko, S. 2021. Pelatihan Microsoft Office Untuk Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran Pada SMK Panti Karya 3. Jurnal Ilmu Komputer JIK. 4 (2): 58.
Purnomo, C. H. 2013. Otodidak Ms. Office Word dan Excel. Jakarta: Media Kita
Putu, W. A., Gusti, A. I., & Konang, A. G. 2021. Pelatihan Penggunaan Microsoft Office dan Email Untuk Administrasi Surat Menyurat di Dinas Perhubungan Provinsi Bali. Jurnal Widya Laksmi. 1 (1): 37.
Riduwan & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Seriawati, S. M. 2018. Telaah Teoritis: Apa itu Belajar?. Jurnal Bimbingan Konseling FKIP UNIPA. 35 (1): 32.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Penerbit CV. Bandung: Alfabeta