PERILAKU SEKS PRANIKAH SISWA SMA DI KOTA PALEMBANG

Main Article Content

Menik Sundari Ridhah Taqwa Yunindyawati Yunindyawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena seks pranikah yang terjadi pada siswa SMA di Kota Palembang, saat ini banyak siswa SMA yang sudah mulai tertarik dengan lawan jenisnya, bahkan tidak sedikit dari mereka yang berpacaran dan melakukan prilaku seksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang tindakan atau prilaku seks pranikah dari kalangan siswa SMA di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenologi Edmund Husserl. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan unit analisis data yakn siswa SM di Kota Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observsi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor-faktor yang melatarbelakangi siswa SMA di Kota Palembang melakukan hubungan seks pranikah dikarenakan beberapa faktor yakni pertama faktor internal yaitu faktor yang berasal dari siswa itu sendiri seperti kelemahan mengendalikan suatu dorongan serta kecenderungannya, kegagalan baik dalam pergaulan maupun prestasi belajar disekolah.  Kedua faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari diri anak itu sendiri atau dari lingkungannya seperti lingkungan keluarg, linngkungan masyarakat, serta perkembangan teknologi.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Sundari, R. Taqwa, and Y. Yunindyawati, “PERILAKU SEKS PRANIKAH SISWA SMA DI KOTA PALEMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 350-355, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Adrian, Arifin (2013) Pengaruh Skeptisme Profesional, Etika, Penglaman Dan Keahlian Terhadap Ketetapan Pemberian Informasi; Rajawali Pers.
Amrillah. (2006). Perilaku Seksual dan Seksualitas .Surakarta: UMM Pers.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hurlock, Elizabeth, B. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Kartono, Kartini. (2009). Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual, Yogyakarta: Jalan Sutra.
Kartono, Kartini. (2019). Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja/Kartini Kartono-Ed. 1- Cet. 14.- Depok: rajawali Pers.
Mubarak,Wahid Iqbal.(2009). Sosiologi untuk Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto. (2004). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media Group.
Rahardjo, W., Citra, A. F., Saputra, M., & Damariyanti, M (2017). Perilaku seks pranikah pada mahasiswa : menilik peran harga diri, komitmen hubungan, dan sikap terhadap perilaku seks pranikah, 44, 139-152. https://doi.org/10.22146/jpsi.23659.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja) Terjemahan Edisi 11. Jakarta: Erlangga
Sarwono, Sarlito W. (2011). Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta; Rajawali Pers
Widianti, Widia. (2009). Sosiologi SMA dan MA Kelas X. Jakarta; Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.