ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI MATRIKS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Main Article Content

Britney Milan Palandeng Nicky Kurnia Tumalun Jhon Robby Wenas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti jenis-jenis kesalahan dan fakto-faktor penyebab yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal pada pokok bahasan matriks berdasarkan prosedur Newman. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Subjek penelitian merupakan 30 siswa kelas XI IPA 1 di SMA N 1 Tondano kemudian diambil 6 orang siswa sebagai subjek wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan presentase kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pada pokok bahasan matriks berdasarkan prosedur Newman: kesalahan membaca (reading error) 0.67%, kesalahan memahami (comprehension error) 1.33%, kesalahan transformasi (transformation error) 24%, kesalahan kemampuan memproses (process skill error) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) sebesar 37.33%. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa adalah tidak teliti dalam membaca soal dan dalam melakukan operasi penjumlahan matriks, terburu-buru dalam menyelesaikan soal, tidak memahami syarat perkalian matriks, tidak tahu rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal, tidak membuat langkah-langkah penyelesaian secara rinci, catatan tidak lengkap, dan tidak belajar.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Palandeng, N. Tumalun, and J. Wenas, “ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI MATRIKS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 128-133, Aug. 2023.
Section
Artikel

References

Dewey, J. (2004). Experience and Education, Pendidikan Berbasis Pengalaman. (Haniah, Trans.) Jakarta: Teraju.
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita MAtematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffholding Yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40-51.
Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39-50.
Karouw, A. A., Tumalun, N. K., & Monoarfa, J. F. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Menggunakan Prosedur Newman. To appear in: Jurnal Sains Riset (JSR).
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Implementasinys Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggu dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Magfirah, Maidiyah, E., & Suryawati. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12.
Murtyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materu Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713-726.
Oroh, V., Manurung, O., & Tumalun, N. K. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Matriks. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(2), 282-291.
Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111-112.
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Promary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task : A Malaysian Perpective. Procedia-Social and Behaviorial Sciences, 8, 267-271.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game . Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Telnologi, 1(2), 41-45.
Suryabrata, S. (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.