PERANCANGAN AMBIENT MEDIA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL “SIDOARJO ANTI DIABETIC” UNTUK REMAJA USIA 16-24 TAHUN

Main Article Content

Yuris Anindya Kurniawan Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian Aditya Rahman Yani

Abstract

Diabetes melitus merupakan salah satu dari sepuluh penyakit yang paling mematikan di dunia. Di Kabupaten Sidoarjo, Berdasar rekam medik RS Delta Surya terdapat sebanyak 653 kasus diabetes melitus selama tahun 2019. Diabetes dapat disebabkan oleh faktor genetik maupun pola hidup. Pola hidup tidak sehat dalam jangka panjang dapat menyebabkan diabetes melitus dengan gejala yang sering tidak disadari oleh penderitanya. Menurut hasil kuisioner, pengetahuan remaja mengenai diabetes sudah sangat baik, akan tetapi implementasi gaya hidup sehat sangat kurang. Alasan remaja tidak menerapkan pola hidup sehat adalah dikarenakan karena malas, tidak memiliki tujuan kuat dan mindset bahwa gaya hidup sehat sangat penting. Remaja tersebut merasa kesulitan untuk konsisten dalam penerapan gaya hidup sehat tidak adanya motivasi atau hal yang membuat mereka takut akan penyakit diabetes. Mereka perlu di dorong untuk melakukan pola hidup sehat melalui sebuah kampanye sosial dengan ambient media yang dapat mengajak remaja Sidoarjo usia 16-24 tahun untuk memulai pola hidup sehat agar terhindar diabetes. Media yang digunakan untuk melakukan kampanye sosial adalah ambient media. Ambient media hadir dengan lebih mudah menciptakan kepercayaan khalayak dan memiliki kekuatan menarik perhatian karena tidak hanya dalam aspek kreativitas, tetapi juga dalam aspek komunikasi yang membuat khalayak merasakan langsung pesan yang disampaikan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber terkait, focus grup discuss, dengan analisis deskriptif. Hasil dari analisis tersebut menghasilkan keyword “Living with The Killer” yang menjadi acuan perancangan. Tujuan perancangan ini adalah mengajak remaja di Sidoarjo untuk menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari diabetes melitus. Dengan adanya perancangan ambient media ini, diaharapkan remaja dapat tergerak untuk menerapkan gaya hidup sehat serta dapat menekan angka prevalensi diabetes di Sidoarjo.


 

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Kurniawan, A. S. El Chidtian, and A. Yani, “PERANCANGAN AMBIENT MEDIA SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL ‘SIDOARJO ANTI DIABETIC’ UNTUK REMAJA USIA 16-24 TAHUN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 2, pp. 348-354, May 2023.
Section
Artikel

References

Andini, A., & Awwalia, E. S. (2018). Studi Prevalensi Risiko Diabetes Melitus Pada Remaja Usia 15–20 Tahun Di Kabupaten Sidoarjo. Medical And Health Science Journal, 2(1), 19–22.
Baehaqi, M. (2017). Customer Insight: Paradigma Dan Konsep Strategi. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 48–58.
Bin Arif, A., Budiyanto, A., & Hoerudin, H. (2014). Nilai Indeks Glikemik Produk Pangan Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhinya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 32(3), 30926.
Fitriani, R. N., & Hakim, A. R. (2022). Peran Pramuka Dalam Menanamkan Nilai Cinta Tanah Air Di MIS Al-Istiqomah Cibingbin. Jurnal Impresi Indonesia, 1(1), 36–50.
Nurdjanah, S., Zuidar, A. S., & Naim, I. E. (2017). Kharakteristik Muffin Dari Tepung Ubijalar Ungu Kaya Pati Resisten (The Characteristics Of Muffin From Resistant Starch-Rich Purple Sweet Potato Flour). Majalah Tegi, 9(2).
Palit, R. A. (2021). Aplikasi Dan Implikasi Teori Nudge Dalam Desain Komunikasi Visual Pemanfaatan Visual Nudge Untuk Mempengaruhi Perilaku Manusia.
Pangestu, R. (2019). Penerapan Kampanye Sosial Dalam Desain Komunikasi Visual. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 4(2).
Pratiwi, L., & Nawangsari, H. (2022). Penyuluhan Gaya Hidup Sehat Remaja. Jurnal Abdi Medika, 2(2), 45–52.
Priyanto, A., & Juwariah, T. (2021). Hubungan Self Care Dengan Kestabilan Gula Darah Pasien Diabetes Mellitus Type Ii. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol, 10(1).
Suhirman, A. S. (2017). Perancangan Kampanye Sosial Untuk Mempengaruhi Kesadaran Anak Muda Dalam Bertutur Kata Krama Jawa. Unika Soegijapranata Semarang.
Sutejo, A., El Chidtian, A. S. C. R., & Nisa, D. A. (2019). Free Of Waste River Concept With Social Campaign Creative Strategy. IICACS: International And Interdisciplinary Conference On Arts Creation And Studies, 1, 135–142.
Wibisono, A. B., Nisa, D. A., Izzah, N., & Putra, A. B. (2021). Implementation Of Research Results As Collaboration With Stakeholders In The Era Of The COVID-19 Pandemic. Art, Design, And Built Environment Conference Series, 1(1), 80–86.
Wijaya, B. S. (2009). Iklan Ambient Media Dan Pengaruh Modernitas Budaya Komunikasi Dunia Barat. Jurnal Marcommers, 1(01), 108–115.