PENGEMBANGAN E-MODUL GAMBAR TEKNIK MESIN UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN

Main Article Content

Adi Vikiyanto Nurcholish Arifin Handoyono Suparmin Suparmin

Abstract

Penelitian ini didasarkan karena pada saat pembelajaran daring gambar teknik mesin dimasa pandemi Covid-19 di SMK Piri 1 Yogyakarta penyediaan bahan ajar masih berupa potongan materi yang berupa file PDF serta tugas pembelajaran melalui Google Classroom. Sumber belajar buku yang hanya dikemas seadanya dan berbentuk file PDF dinilai kurang menarik membuat siswa kurang aktif dan berfikir kritis. Bedasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan e-Modul gambar teknik mesin. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dimana akan mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul gambar teknik mesin untuk siswa kelas XI TP di SMK Piri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, dan siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Piri 1 Yogyakarta.  Objek penelitian yaitu kelayakan e-modul gambar teknik mesin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Vikiyanto, N. Handoyono, and S. Suparmin, “PENGEMBANGAN E-MODUL GAMBAR TEKNIK MESIN UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 239-245, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Baethge, M., & Wolter, A. (2015). The German skill formation model in transition: from dual system of VET to higher education? Journal for Labour Market Research, 48(2), 97–112. https://doi.org/10.1007/s12651-015-0181-x
Bowers, M., Synodinos, D., & Sumner, V. (2011). Pro HTML5 and CSS3 Design Patterns. In Pro HTML5 and CSS3 Design Patterns. https://doi.org/10.1007/978-1-4302-3781-5
Buligina, I., Sloka, B., Dzelme, J., & Tora, G. (2014). Quality and Transparency in VET: New Challenges for Public Administrations in Latvia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 156, 355–359. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.11.202
Gani, B. O. P., Handoyono, N. A., & Purnomo, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaraan Festo Fluidsim Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. STEAM Engineerig, 3(2), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jptm.v3i2.4168
Handoyono, N. A., & Hadi, S. (2018). Pengembangan modul pembuatan bodi kendaraan dari fiberglass untuk mendukung Perkuliahan cat dan bodi Kendaraan. Taman Vokasi, 6(1), 36–44. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/2818
Handoyono, N. A., Johan, A. B., & Andriyanto, D. (2022). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Di SMK Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa, 55–62.
Handoyono, N. A., & Pambudi, A. R. (2021). The Role of Teachers in Online Learning during the Covid-19 Pandemic. THE INTERNATIONAL CONFERENCE ON TECHNOLOGY, EDUCATION, AND SCIENCE, 166–171.
Handoyono, N. A., & Rabiman, R. (2019). The Effectiveness of the Problem-Based Learning Model Using Android-Based Learning Application in EFI Service Subject. 145–152. https://doi.org/10.4108/eai.28-9-2019.2291006
Hidayati, N. (2016). Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus pada SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Telematika MKOM, 2(2), 153–170.
Kavadella, A., Kossioni, A. E., Tsiklakis, K., Cowpe, J., Bullock, A., Barnes, E., Bailey, S., Thomas, H., Thomas, R., Karaharju-Suvanto, T., Suomalainen, K., Kersten, H., Povel, E., Giles, M., Walmsley, D., Soboleva, U., Liepa, A., & Akota, I. (2013). Recommendations for the development of e-modules for the continuing professional development of European dentists. European Journal of Dental Education, 17(SUPPL. 1). https://doi.org/10.1111/eje.12039
König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4). https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.
Mardapi, D. (2008). Pengukuran Penilaian Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika.
Pineda Becerril, M., García León, O., Aguilar Márquez, A., & León Rodríguez, F. (2020). Elaboration of A Multimedia Book On The Importance of Statistics And Presentation of The Information for The Statistical Subjects Taught at The Fesc. EDULEARN20 Proceedings, 1. https://doi.org/10.21125/edulearn.2020.1045
Pratiwi, S. S., Purwasih, J. H. G., Rozakiyah, D. S., Apriyadi, D. W., & Utami, I. W. P. (2021). Developing E-Module for Prospective Sociology Educators: Constructing Multiple Choice Questions Based on Higher Order Thinking Skill (HOTS). International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7). https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21197
Purwaka, I. S., Handoyono, N. A., & Hadi, S. (2020). Pengembangan E-modul Sistem Rem Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga. Jurnal Taman Vokasi, 8(2).
Rahmaningtyas, I., & Haryadi, P. (2022). Perbedaan Minat Baca Buku Elektronik (E-Book) dan Buku Konvensional pada Era Globalisasi di Kalangan Mahasiswa Prodi Kebidanan Kediri Poltekkes Kemenkes Malang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.643
Sukma, R. S. E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip HTML5 pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Problem Solving di Kelas IV SDN 11 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education Studies, 5(1).
Sumarmi, Bachri, S., Irawan, L. Y., & Aliman, M. (2021). E-module in blended learning: Its impact on students’ disaster preparedness and innovation in developing learning media. International Journal of Instruction, 14(4). https://doi.org/10.29333/iji.2021.14412a
Thiagarajan, S. A. O. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In Journal of School Psychology. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (2016). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Leadership Training Institute/Spesial Education, University of Minnesota. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Zulfiati, H. M. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Ki Hadjar Dewantara melalui Penguatan Modal Budaya. CV. Amerta Media.