PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY DI KELAS V SD NEGERI 101380 BATANG PANE III

Main Article Content

Sartika Rati Asmara Nasution Nurul Husna Siregar Fitriani Harahap

Abstract

Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan model pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar tema 2 subtema 3 dikelas V SD Negeri 101380 Batang Pane. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 101380 Batang Pane yang terdiri dari 20 siswa dengan 8 laki-laki dan 12 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan instrument Test hasil belajar. Hasil penelitian  terjadi Peningkatan Hasil  belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan kategori baik. diBuktikan dengan adanya peningkatan tiap siklus melalui lembar pengamatan Aktivitas guru siklus I sebesar 72% meningkat menjadi 86% pada siklus II, dan ketuntasan Hasil Belajar siswa Siklus I 71,4% meningkat menjadi 89,5% Pada siklus II. Dengan demikian model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 3  sistem pernafasan manusia dan hewan di kelas V SD Negeri 101380 Batang Pane.

Article Details

How to Cite
[1]
S. R. Nasution, N. Siregar, and F. Harahap, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 3 SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY DI KELAS V SD NEGERI 101380 BATANG PANE III”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 445-448, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Ahmadi dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. PrestasiPustakaraya.
Alamsyah, Baharuddin Hamzah dan Solfarina. 2015.Pengaruh pembelajaran kimia melalui inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas X SMA Negeri 9 Palu. e-jounal Mitra Sains ISSN: 2302-2027 Vol. 3 Nomor 3
Arnellis. 2014. “Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika untuk Pembentukan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SMA”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2014 “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran MIPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang.
Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamiyah, Nur dan Jauhar, Muhammad. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Hapsari, Dewi Pertiwi, dkk. 2011. “Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Biologi Vol 4, no. 3
Kultahu, C C., Maniotes, l K., & Caspari, A K. (2007). Guided Inquiry Learning In The 21st Century. London: Libraries Unlimited
Kunandar, 2007. Sukses dalam Sertifikasi Guru dan Guru Profesional Implementasi KTSP. Jakarta: Raja Grafindo.
Ristanto, R. H. 2010. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dan Lingkungan Rill Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Awal. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Santiasih,. Marhaeni, dan Tika. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Suduc, A. M., Bizoi, M., & Gorghiu, G. 2015. Inquiry Based Science Learning in Primary Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences: 6th World conference on Psychology Counseling and Guidance. 474 – 479. ELSEVIER
Slavin, Robert. E. (2012). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung:Nusa Media.
Susanna. 2017. Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017).
Suwardi. 2007. Manajemen Pembelajaran. Surabaya : Temprina Medika grafika.
Suyono, & Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Taylor dan Bogdan. 2012. Prosedur Penelitian Dalam Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyudi.2013. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa.Unesa. Skripsi tidak dipublikasikan.
Wahyunningsih, Sri., Baskoro Adi Prayitno, dan Riezky Maya Probosa. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Sma Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 4 No. 3
Wardani, Eva R.S, Johanes Djoko, dan Sifak Indana. 2014. “Analisis Kesesuaian Kegiatan Pembelajaran Pendekatan Saintifik dengan Tujuan Pembelajaran Di SMAN Mojokerto”. Jurnal BioEdu. vol. 3, no. 3, hal. 601-605.
Wardoyo, Sigit M. 2013.Pembelajaran Konstruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta