PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANTU PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Joko Utomo Hadibroto Mufiidaanaiilaa Alifah Soetrisno Nada Sofiyani

Abstract

Pemanfaatan media sosial menawarkan banyak keuntungan bagi Usaha Mikro di Indonesia, khususnya di masa pandemi COVID-19. Media sosial memungkinkan para pelaku Usaha Mikro untuk mempromosikan produk mereka secara online dan meningkatkan jangkauan pasar. Di tengah situasi pandemi saat ini, ketika banyak orang membatasi interaksi fisik dan beralih ke platform online, para pelaku Usaha Mikro yang aktif menggunakan media sosial cenderung lebih unggul dalam mempertahankan bisnis mereka.Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dalam pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data utama dalam studi fenomenologi adalah wawancara mendalam dengan subjek penelitian kepada lima pengusaha mikro sebagai informan pada penelitian ini. Setelah informasi dan data terkumpul, peneliti akan menelaah berbagai sumber kepustakaan untuk mencari variabel yang terkait dengan topik penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial menjadi strategi yang efektif bagi para pelaku usaha mikro dalam mengatasi dampak negatif pandemi Covid-19. Dengan memanfaatkan media sosial, mereka dapat meningkatkan visibilitas produk, menjangkau pasar yang lebih luas, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Meskipun hasilnya bervariasi, pemasaran melalui media sosial memberikan peluang dan potensi yang signifikan bagi pelaku usaha mikro untuk mengembangkan bisnis mereka.

Article Details

How to Cite
[1]
J. Hadibroto, M. Soetrisno, and N. Sofiyani, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANTU PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO PADA MASA PANDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 326-332, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17-31.
Amin, M. F., & Suhendra, E. S. (2020). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap keberhasilan Usaha Mikro di era digital. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 22(2), 80-91. https://doi.org/10.9744/jmk.22.2.80-91
Maryani, E., & Hidayanto, A. N. (2020). Social media marketing and Usaha Mikro performance: The role of social capital and innovation. Journal of Management and Marketing Review, 5(1), 10-22. https://doi.org/10.15520/jmmr.v5i1.2647
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19-24.
Permadi, D., Shabrina, F., & Rahyaputra, V. (2018). Menyongsong Kewirausahaan Digital Indonesia. UGM PRESS.
Pratama, A., Jusoh, R., & Munawaroh, H. (2021). The Impact of the COVID-19 Pandemic on Small and Medium Enterprises in Indonesia: A Qualitative Study. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(3), 121-136.
Purnamasari, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Analisis Peluang E-commerce Dalam Pengembangan USAha Mikro, Kecil, Dan Menengah Produk Batik.(Studi Kasus Pada USAha Batik Di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(4), 42-49.
Sahara, W. (2021). PPKM Darurat, Dilarang Makan di Restoran, Boleh Delivery atau Take Away. Jakarta: Kompas.
Sari, D. Y., & Siregar, S. (2020). Strategi media sosial dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada Usaha Mikro. Jurnal Riset Manajemen Bisnis dan Publik, 4(2), 97-108. https://doi.org/10.33222/jrm.v4i2.1165
Sembiring, L. J. (2021). Sad! 30 Juta UMKM Gulung Tikar Karena Corona. Jakarta: CNBC Indonesia.
Yuniarto, H., & Daryanto, A. (2021). The Impacts of COVID-19 Pandemic on Small Medium Enterprises in Indonesia. KnE Social Sciences, 5(21), 472-486.