POTRET PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA DALAM SATU DEKADE TERAKHIR: SEBUAH KAJIAN META ANALISIS

Main Article Content

Hidayati Hidayati Tb. Zam Zam Al Arif Delita Sartika

Abstract

Pendidikan Entrepreneurship atau Pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi merupakan topik yang hangat diperbincangkan. Dalam satu dekade terakhir, jumlah publikasi tentang pendidikan entrepreneursip di berbagai perguruan tinggi mengalami tren peningkatan. Akan tetapi, reviu tentang potret pendidikan Entrepreneurship di Perguruan Tinggi di Indonesia belum ada. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan sebuah analisa komprehensif tentang gambaran pendidikan entrepreneurship di perguruan tinggi di Indonesia dalam satu dekade terakhir. Temuan dari publikasi dari jurnal-jurnal terindeks sinta yang ada menunjukkan bahwa jumlah publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dalam sepuluh tahun terakhir adalah 54 buah artikel yang didominasi oleh topic pendidikan entrepreneurship di perguruan tinggi. Lebih lanjut penelitian yang dipublikasi tersebut didominasi oleh penelitian dengan pendekatan kualitatif. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan pendidikan entrepreneurship di perguruan tinggi mulai diperhatikan dengan serius.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Hidayati, T. Z. Z. Al Arif, and D. Sartika, “POTRET PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA DALAM SATU DEKADE TERAKHIR: SEBUAH KAJIAN META ANALISIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 239-243, Apr. 2024.
Section
Artikel

References

Badan Pusat Statistik. 2020. Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2020-2022. https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html. Diakses 9 Mei 2023.
Badan Penelitian dan Pengembangan. 2010a. Laporan Hasil Penelitian Alternatif Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi, bekerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta, Kemdiknas, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang (HELTS 2003-2010). Kemendiknas. Jakarta.
Djojonegoro, Wardiman. 1995. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Pembangunan. Jakarta: Depdikbud
Fayolle A. (2009). Entrepreneurship Education in Europe: Trends and Challenges. OECD LEED Programme. Universities, innovation and entrepreneurship: good practice workshop.
Glass, G.V. 1976 “Primary, Secondary, and Meta-Analysis of Research”,Review of research in Education, http://www.blackwellpubli shing.com/medicine/bmj/systreviews/ ) diakses 13 Desember 2021.
Gupta. Asha. 2016. Enterpreuneural university: “India response”. Research and Occasional paper series. CSHE 2.08. University of Califormia, Barkeley. Diakses 13 Desember 2021.
Kartadinata, Sunaryo. 1997. Pendidikan dan Pengembangan SDM Bermutu Memasuki Abad XX1. Purwokerto: Makalah Konvensi.
Kementerian PPN/Bappenas. 2019. Siaran Pers : Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan dan Pendidikan. Bappenas. Jakarta.
Komara, Endang. (2014). Strategi Perguruan Tinggi dalam menciptakan Entrepreneurial Campus in ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan, Vol.4(2) December, pp.255-262. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press, FKIP UNSUR Cianjur, and FPOK UPI Bandung, ISSN 2088-1290.
Mansyur, M., & Iskandar, A. (2017). Meta Analisis Karya Ilmiah Mahasiswa Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. Indonesian Journal of Fundamental Sciences, 3(1), 72-79.
Ndraha, T. 1999. Pembangunan Masyarakat Memapersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Jakarta : Bina sAksara