PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN ETNIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI DESA GUNUNG BARINGIN KECAMATAN SOSA KABUPATEN PADANG LAWAS

Main Article Content

Nurbaiti Nurbaiti Hotman Sugeng Ritonga Afdhal Ilahi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah penelitian apakah terdapat peningkatan yang relevan antara penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Terpadu Mutiara Hati Desa Gunung Baringin Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Tahun Ajaran 2021/2022. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdapat dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Terpadu Mutiara Hati Desa Gunung Baringin Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 10 siswa. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata IPS dalam materi keragaman etnis sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing rata-rata 70 berada pada kategori “Cukup”. Sesudah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing rata-rata pada siklus I 78 berada pada kategori “Baik”, dan pada siklus II nilai rata-rata 87 berada pada kategori “Sangat Baik”. Dari perbandingan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Terpadu Mutiara Hati Desa Gunung Baringin Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman etnis.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Nurbaiti, H. Ritonga, and A. Ilahi, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN ETNIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI DESA GUNUNG BARINGIN KECAMATAN SOSA KABUPATEN PADANG LAWAS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 232-236, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Ahira, Anne. 2010. Pakaian Adat Indonesia. Diakses pada tanggal 23 Januari 2021 dari http://www.anneahira.com/anneahira.htm.
Arends, Richard I. 2012. Learning to Teach. New York: MacGraw Hill Companies Inc.
Abimanyu, Soli., dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Halim. 2011. Perkembangan Rumah Tradisional Muna. Jurnal Arsitek. Vol. 1, Nomor 2, PP. 68-79.
Hidayat, R. 2006. Menerobos Pembelajaran Tari Pendidikan. Malang: Banjar Seni Gantar Gumelar.
Hursanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Roestiyah. 2008. Model dan Metode Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sutiari, Ni Komang. 2018. Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Indonesia Berbasis Augmented Reality. Bali: Vol. 6, No. 2.