KONSEP SEKOLAH DAMAI: HARMONISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Main Article Content

Anif Istianah Bunyamin Maftuh Elly Malihah

Abstract

Saat ini pendidikan berpusat pada konsep Sekolah Damai yang bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang harmonis, inklusif dan damai. Artikel ini menjelaskan pentingnya mengintegrasikan kurikulum terbuka Pancasila, kurikulum dan profil siswa ke dalam konsep Sekolah Damai. Penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka. Hasil kajian pustaka mendeskripsikan bahwa untuk menjawab tantangan yang dihadirkan dengan menyelaraskan Kebebasan Belajar, Kurikulum Kebebasan, dan profil pelajar Pancasila, seperti menyeimbangkan praktik kebebasan akademik dengan keberlanjutan dan  mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan baik. Manfaat yang mungkin diperoleh dari penerapan konsep Sekolah Damai, seperti: menyediakan lingkungan belajar yang inklusif dan inovatif serta mendorong keterlibatan siswa. Memberikan contoh best practice sekolah yang berhasil mengintegrasikan Pembelajaran Bebas, Kurikulum Mandiri dan Profil Pelajar Pancasila dengan tujuan mewujudkan sekolah damai. Metode untuk menulis artikel ini analisis literatur dan penelitian yang relevan untuk  lebih memahami topik yang dibahas. Hasil penelitian ini  memberikan pemahaman tentang pentingnya hubungan antara konsep Sekolah Damai: Harmonisasi kurikulum dan profil Pelajar  Pancasila dalam implementasi kurikulum Borderless Learning mengarah pada upaya menciptakan lingkungan belajar kooperatif yang damai, inklusif, dan  lintas batas. Dalam konteks integrasi antar kurikulum, profil Pelajar Pancasila, dan pemahaman konteks global berperan penting dalam membentuk generasi yang memiliki pemahaman yang lebih luas dan adaptif, generasi yang menjaga perdamaian dan keamanan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Istianah, B. Maftuh, and E. Malihah, “KONSEP SEKOLAH DAMAI: HARMONISASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 333-342, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Banks, J.A.(1997) Educating Citizens in a Multicultural Society. New York and London Teacher College Press.
Brand, S., Felner, R., Shim, M., Seitsinger, A., & Dumas, T. (2003) Middle school improvement and reform: Development and validation of a school-level assessment of climate, cultural pluralism, and school safety. Journal of Educational Psychology, 95(3), 570-588.
Cavanagh, T. (2009). Creating a new discourse of peace in schools: Restorative justice in education. Journal for Peace and Justice Studies, special issue on Restorative Justice, 18(1–2), 62–84
Cresswell, J. (2003). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.
Deutsch, M. (1993). Educating for a peaceful world. American Psychologist, 48, 510–517
Loukas, A., Suzuki, R., & Horton, K. D. (2006) Examining school connectedness as a mediator of school climate effects. Journal of Research on Adolesence, 16(3), 491-502.
Maftuh, B. (2010). Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Ketrampilan Sosial dan Resolusi Konflik. Bandung: Prodi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.
Mushaiqri, M. R. A. , Ishak, Z. B. , & Ismail, W. M. (2021). Effects of the Peace Education Program on the Social and Emotional Behaviour for Pre-School in the Sultanate of Oman. In O. a. A. de la Rosa, L. M. V. Angulo, & C. Giambrone (Eds.), Education in Childhood. IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.97795
Salomon, G. (2002). The nature of peace education: Not all programs are created equal. In: G. Salomon and B. Nevo (Eds.). Peace Education, The Concept, Principles, and Practices Around the World (pp. 2-14). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Welsh, W. N. (2000). The effects of school climate on school disorder. Annals of the American Academy of Political and Social Science, 567(1), 88-107. file:///C:/Users/demet/Downloads/welshannals2000.pdf
Johnson, D. W., & Johnson, R. (2005). Essential components of peace education. Theory into Practice, 44(4), 280–292. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4404_2