TUTURAN KELUHAN PADA ANIME NARUTO SHIPUDEN

Main Article Content

Marina Indahningrum Djodjok Soepardjo Roni Roni

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesantunan pada tuturan keluhan dalam bahasa Jepang. Tuturan keluhan pada hakikatnya merupakan tindakan kasar yang cenderung menyinggung perasaan pihak lawan tutur, meskipun demikian pihak penutur dapat mempertimbangkan kesantunan demi menjada hubungan baik dengan lawan tutur. Tuturan mengeluh ini diteliti melalui sosiopragmatik dengan dengan menggunakan konsep strategi keluhan menggeluh Anna Torsbog. Anime Naruto Shippuden season pertama yang dianalisa melalui tuturan yang diungkapkan oleh para tokoh.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Indahningrum, D. Soepardjo, and R. Roni, “TUTURAN KELUHAN PADA ANIME NARUTO SHIPUDEN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 390-397, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Al Muchtar, Suwarma. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri
Gallaher, B. (2014). The speech act set of direct complaints. Вестник Рудн, Серия Лингвистика, 4(1987), 167–177.
Imashiro, Y. (2019). A Study of the Characteristics of the ‘Complaints’ Expressions by French Learners of Japanese. Sophia Linguistica:working Papers Linguistics, 17(1), 95–118.
Kunaj, S. (2013). Nichi Tairyou Gengo "Fuman Hyoumei" Nikan Suru Kenkyuu: Fuman no Teido no Saniyoru Kousatsu. Osaka University Knowledge Archive.
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Edisi Ketiga: Tahapan, Strategi, Metode dan Tekniknya. PT. Raja Grafindo Persada.
Miyu, Arai. (2017). Expressions of Discontentment by Learners of Japanese: A Comparison of Learners at Different Levels of Proficiency. Vol.24 No.1
Napier, S. J. (2005). Anime from Akira to Howl’s Moving Castle: Experiencing Contemporary Japanese Animation. Palgrave Macmillan.
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Trinidad, G. (2014). Thesis Honne and Tatemae Social science research with Japanese people: a qualitative approach Cédric FORT UNIZ RUIZ.
Trosborg, A. (1995). Interlanguage Pragmatics: Requests, Complaints, and Apologies. Berlin: Mouton de Gruyter.
Wijayanto, A., Laila, M., Prasetyarini, A., & Susiati, S. (2013). Politeness in interlanguage pragmatics of complaints by Indonesian learners of English. English Language Teaching. vol 6(10), 188–201.
Sya'bani, Nurul. 2019. Adverbia dengan Partikel To dalam Kalimat Bahasa Jepang. Universitas Diponegoro Semarang.
Niza, Yusi, O. 2016.Setsuzokushi Demo, Kedo, dan Shikashi dalam Drama Spesial the Cabin Attendant Karya Kunihiro. Universitas Brawijaya.