ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS TOKOH AGUS SALIM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Main Article Content

Anny Wahyuni

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang oleh degradasi moral terjadi pada pesert didik sehingga di butuhkan pendidikan karakter religius. Pendidikan karakter religius bisa di setiap mata pelajaran di skeolah salah satunya mata pelajaran sejarah melalui tokoh perjuang kemerdekaan Indonesia yaitu Agus Salim. menggali nilai karakter religius yang dimiliki oleh Agus Salim agar bisa diterpakan dalam pembelajaran sejarah di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triagulasi sumber dengan tujuan data terkumpul valid dan objektif. Teknik analisis data dipakai yaitu analisis induksi yang berangkat dari fakta kemudian di Tarik kesimpulan tentang karakter religius agus salim. Karakter religius agus salam yang ditemukan yaitu patuh dan taat dalam melaksanakan perintah agama, toleransi, teguh pendirian dna cinta damai. Karakter religius agus salim ini bisa di terapkan dalam pembelajaran sejarah melalui RPP, modul pembelajaran, dan video pembelajaran sejarah.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Wahyuni, “ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS TOKOH AGUS SALIM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 22-25, Dec. 2023.
Section
Artikel

References

Aji, B. N. R. (2020). KH Agus Salim The Grand Old Man. https://www.researchgate.net/publication/324805418
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Dinamika Ilmu 14 (2)
Kemendikbud. (n.d.). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar Dan Sekoleh Menengah Pertama. http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id
Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah. Jurnal Kependidikan. 5(2), 84-92.
Lalo. K. (2018). Menciptakan Generasi milenial Berkharakter Dengan Pendidikan Karakter Guna Menyongsong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian 12 (2), 1-8
Lilawati, J. (2017). Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Negeri Medan.
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan.
Mukayat, O. (1985). Haji Agus Salim: Karya dan Pengabdiannya.
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. 1(1), 115–124. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk
Sirnayatin. T.A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Susunan Artikel Pendidikan 1(3)
Sujana, C. W. I. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDAYA Jurnal