PENGUKURAN TINGKAT PEMAHAMAN PEMANGKU KEPENTINGAN (STAKEHOLDERS) TERHADAP VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN (VMTS) AKADEMI SEKRETARI DAN MANAJEMEN (ASM) ARIYANTI

Main Article Content

Deni Supardi Marnoto Marnoto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman pemangku kepentingan (stakeholder) terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran (VMTS) Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan mengumpulkan data melalui kuesioner kepada. dosen/tenaga pengajar, tenaga kependidikan/staf, mahasiswa/i, alumni, dan stakeholder terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tabel untuk melihat persentase tingkat pemahaman pemangku kepentingan terhadap VMTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden dari kelima kelompok pemangku kepentingan memahami visi, misi, tujuan, dan sasaran Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti, dengan persentase rata-rata sebesar 84,77%. Namun, terdapat beberapa responden yang hanya cukup paham atau kurang paham terhadap VMTS tersebut. Selain itu, penelitian juga melakukan pengukuran terhadap cangkupan sasaran visi dan misi, dukungan visi dan misi terhadap atmosfer civitas akademika, pelayanan administrasi yang menunjang pencapaian visi dan misi, dan strategi pencapaian visi dan misi yang dilakukan

Article Details

How to Cite
[1]
D. Supardi and M. Marnoto, “PENGUKURAN TINGKAT PEMAHAMAN PEMANGKU KEPENTINGAN (STAKEHOLDERS) TERHADAP VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN (VMTS) AKADEMI SEKRETARI DAN MANAJEMEN (ASM) ARIYANTI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 302-307, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
David, Fred R. and Forest R. David. (2019) Strategic Management: Concepts and Cases it: Prentice Hall ed. 16. Upper Saddle River: New Jersey, Amerika Serikat
Faiz, A. (2021). PERAN FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CALON PENDIDIK DI ABAD-21. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 131–135.
Faiz, A., Hadian, V. A., & Kurniawaty, I. (2022). Persepsi Mahasiswa dalam program International Credit Transfer. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3264–3269.
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Freeman, R. E. (2010). Strategic management: A stakeholder approach. Cambridge University Press.
Freeman, R. E. (1984). Strategic management: A stakeholder approach. Boston: Pitman
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
M.Nazir (2019). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nasir, M. (2018). Peningkatan mutu vokasi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Ristekdikti, 1–14.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta., (April 2015), 31–46. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004