HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR TIK SISWA KELAS X

Main Article Content

Agustino Agustino Yuliana T.B. Tacoh

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Hubungan antara Keaktifan Belajar dengan Prestasi Belajar TIK siswa Kelas X di SMA Kristen 1 Salatiga. Desain pada penelitian ini adalah  desain korelasi. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah angket dengan metode penelitian jenis metode sampling. Sedangkan populasi pada penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas X1 dan X6 dengan sampel penelitian dari kelas X1 berjumlah 20 siswa dan kelas X6 berjumlah sebanyak 20 siswa dengan total sebanyak 40 siswa. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket dan juga dokumentasi. Sedangkan untuk Hasil uji hipotesis ini menggunakan jenis analisis korelasi Momen Produk Pearson yakni menggunakan bantuan aplikasi SPSS v20 dan mempunyai nilai signifikansi yang sama yaitu 0,710, sehingga bisa dikatakan signifikan serta terdapatnya hubungan dari keaktifan belajar dengan prestasi belajar, maka dari itu diperhatikan juga dari dekatnya hubungan antara Keaktifan Belajar dengan Prestasi Belajar sehingga memiliki hasil korelasi pearson (r) sebanyak 0,061 dan terkategori berkorelasi kuat. Jadi pada penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan antara Keaktifan Belajar dengan Prestasi Belajar TIK siswa Kelas X di SMA Kristen 1 Salatiga.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Agustino and Y. T. Tacoh, “HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR TIK SISWA KELAS X”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 260-267, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Arianita Keke. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Kasihan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2012/2013.
Astuti, R. P. (2012). Hubungan Keaktifan Dalam Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singing.
Budianto, A. (2016). Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Piri Sleman.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa di Sekolah Dasar.
Kartika, D. (2015). Pengaruh Keaktifan Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas X SMA Teuku Umar Semarang.
Kurniawan Rizal. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.
Maesaroh Siti. (2013).Peran Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.
Mulyana, A., Hidayat, S., & Serang, S. U. (2013). Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn.
Mulyani Dessy. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar.
Nafi'ah, Z., & Suyanto, T. (2014). Hubungan keaktifan siswa dalam Ekstrakurikuler Akademik dan Non Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojokerto.
Prasetya, D. (2012). Hubungan Keaktifan dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura Tahun ajaran 2011/2012.
Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Berorganisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramanda, D. (2015). Hubungan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Gizi di Kelas X SMK Negeri 3 Wonosari.
Risa, A. R. (2016). Hubungan Antara Pemberian Tugas Dengan Prestasi Belajar Murid Kelas V SD Inpres Ana’gowa Kabupaten Gowa.
Saiul, I. (2012). Hubungan Keaktifan Berdiskusi Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Istiqomah Rupat Kabupaten Bengkalis
Sunarto Ledy. (2013). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Strategi Group Investigation Pada Mapel Pkn Materi Perundang-undangan Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Sjukur, S.B. (2012). Pengaruh Blender Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK.
Yafi, E. (2016). Hubungan Keaktifan Bertanya Siswa Dengan Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 05 Pecangaan Wetan Kabupaten Jepara.
Yulistianto, I. (2012). Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah Dengan Karakter dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Pendingin dan Tata Udara SMA Negeri 1 Magelang
Yunianti, A. (2017). Hubungan Antara Keaktifan Dengan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Labuapi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tahun 2017/2018.