PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BATANG ANGKOLA

Main Article Content

Erlina Sari Rosnida Siregar Fitriani Harahap Toharuddin Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan pengulangan materi pelajaran secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS Negeri 1 Batang Angkola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskirptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS versi 26.00. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa t hitung diperoleh 2,635 > t tabel 2,039 artinya 2,635 > 2,039 dan besarnya nilai signifikansi variabel bebas (kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran) pada uji t adalah 0,001 atau < 0,05. Motivasi belajar dan pengulangan materi pelajaran merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Semakin tinggi motivasi belajar seorang siswa dan diikuti dengan seringnya mengulang-ulang materi pelajaran maka akan mendapatkan hasil belajar yang tinggi dan memuaskan.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Sari, R. Siregar, F. Harahap, and T. Harahap, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BATANG ANGKOLA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 180-185, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Metode Penelitian Untuk Administrasi Pendidikan. Bandung: Dewa Ruci
Algifari, 2000. Analisis Regresi Teori Kasus dan Solusi. Yogyakarta: PT BPEE
Ali, Mohammad. 1993. Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Eri Novalinda, Sri Kantun, Joko Widodo. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendid, Asriikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial FKIP Universitas Jember. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6456
Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Hadi, Sutrisno. 2000. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Iskandar Putong. 2010. Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media
Khalif Ashhabul Umam, Fakhruddin Fakhruddin. 2016. Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Program Paket C. Vol 2, No 2 (2016). Journal of Non Formal Education. Universitas Negeri Semarang Indonesia. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/6788
Kusnodo. 2010. Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Gatak, Sukoharjo. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.Ac.Id/13088/1/halaman_depan.pdf
Misbahuddin dan Ikbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Poerwadarminto. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud
Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran. Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Kencana: Kharisma Putra Utama
Sardiman, AM. 2001. Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Setiawan, Indra. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/23368/3/3.%20NIM%207123341047%20ABSTRACT.pdf
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugandi, Ahmad. 2007. Teori Pembelajaran.Semarang: UPT MKK. Universitas Negeri Semarang
Sugiyono. 2002. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sulistyo. 2010. Teori Ekonomi Makro. Jakarta: Universitas Terbuka
Syafrizal Helmi Situmorang, Doli M. Ja’far Dalimunthe, Iskandar Muda, Muslich Lutfi, Syahyunan. 2008. Analisis Data Penelitian Menggunakan Program SPSS. USU Press
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Thabrani, Hasbullah. 1994. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Thursan, Hakim 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara