KOREA DAN JEPANG : ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MASA DEPAN

Main Article Content

Rahmi Putri Rusdina Rusdina Azwar Ananda Nurhizrah Gistituati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana kesamaan sistem pendidikan Jepang dan Korea Selatan muncul sepanjang abad ke-20 dan menyelidiki alasan di balik perbedaan mereka di tahun 1990-an dengan munculnya kebijakan TIK dalam pendidikan. Menggunakan analisis naratif dan perbandingan berorientasi kasus, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana elemen politik dan ekonomi Jepang dan Korea Selatan memengaruhi cara mereka mengembangkan sistem pendidikan yang serupa dan bagaimana perubahan elemen tersebut kemudian mengalihkan arah dari masing-masing sistem. Sistem pendidikan Jepang dan Korea Selatan memiliki kesamaan karena kombinasi modernisasi, kolonisasi, dan konservatisme. Namun, perubahan lanskap politik dan ekonomi Korea Selatan menghasilkan sistem yang siap untuk reformasi dramatis, sementara Jepang mempertahankan kelanjutan pihak pembuat keputusan sebelumnya, yang mengakibatkan perubahan yang kurang aktif. Hasil ini berkontribusi pada perbedaan sistem pendidikan dengan munculnya kebijakan TIK. Pembuat kebijakan dapat melihat bagaimana sistem pendidikan yang serupa dapat berubah dengan munculnya teknologi baru dan faktor apa yang dapat mempengaruhi adopsi teknologi pendidikan. Studi ini memperluas studi yang membandingkan Jepang dan Korea Selatan ke dalam bidang pendidikan. Studi ini mengilustrasikan alasan komprehensif di balik persamaan dan perbedaan yang terlihat antara sistem pendidikan Jepang dan Korea Selatan

Article Details

How to Cite
[1]
R. Putri, R. Rusdina, A. Ananda, and N. Gistituati, “KOREA DAN JEPANG : ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MASA DEPAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 391-400, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Alexander, A. (2000). What Happened to Japan’s Economy in the 1990s? Japan Economic Institute Report A, 27, 1–12.
Aspinall, R. W. (2001). Teachers’ unions and the politics of education in Japan. SUNY Press.
Beauchamp, E. R. (1991). Education Reform in Japan: A Case of Immobilist Politics. JSTOR.
Bjork, C., & Tsuneyoshi, R. (2005). Education reform in Japan: Competing visions for the future. Phi Delta Kappan, 86(8), 619–626.
Dimyati, M. (1988). Landasan Kependidikan: Suatu Pengantar Pemikiran Keilmuan tentang Kegiatan Pendidikan. Jakarta: Dirjendikti, P2LPTK.
Elwood, J., & MacLean, G. (2009). ICT Usage and Student Perceptions in Cambodia and Japan. International Journal of Emerging Technologies & Society, 7(2).
Fogg, B. J. (2002). Persuasive technology: using computers to change what we think and do. Ubiquity, 2002(December), 2.
Fujita, H. (2000). Education reform and education politics in Japan. The American Sociologist, 31(3), 42–57.
Graham, E. M. (2003). Reforming Korea’s industrial conglomerates. Peterson Institute Press: All Books.
Harari, D. (2013). Japan’s Economy: from the ‘Lost Decade’to Abenomics. House of Commons Library, Standard Note SN06629. London: Oct, 24.
Hood, C. P. (2003). Japanese education reform: Nakasone’s legacy. Routledge.
Hwang, D. J., Yang, H.-K., & Kim, H. (2010). E-Learning in the Republic of Korea. UNESCO Institute for Information Technologies in Education, Moscow.
Kihwan, K. (2006). The 1997-98 Korean financial crisis: Causes, policy response, and lessons. IMF Seminar on Crisis Prevention in Emerging Markets.
Kim, G.-J. (2002). Education policies and reform in South Korea. Secondary Education in Africa: Strategies for Renewal, 29–39.
Kim, H.-A. (2004). Korea’s Development under Park Chung Hee. Routledge.
Kim, S. Y. (2014). South Korea’s policy responses to global economic crisis. Proceedings of the First Middle East Conference on Global Business, Economics, Finance and Banking, 1–27.
KODAIRA, S. I., & WATANABE, S. (2013). The diversifying media environment of Japanese classrooms and educational content. Tokyo, Japan: NHK Broadcasting Culture Research Institute.
Kozma, R. B. (2008). Comparative analysis of policies for ICT in education. International Handbook of Information Technology in Primary and Secondary Education, 1083–1096.
Krauss, E. S., & Pekkanen, R. J. (2018). The rise and fall of Japan’s Liberal Democratic Party. In Critical Readings on the Liberal Democratic Party in Japan (pp. 1145–1156). Brill.
Kusano, K., Frederiksen, S., Jones, L., Kobayashi, M., Mukoyama, Y., Yamagishi, T., Sadaki, K., & Ishizuka, H. (2013). The effects of ICT environment on teachers’ attitudes and technology integration in Japan and the US. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 12(1), 29–43.
Lee, Y., & Yi, Y. (2000). Modern education, textbooks and the image of the nation: Politics of modernization and nationalism in Korean education, 1880-1910. Routledge.
Mason, E. S., Kim, M. J., Perkins, D. H., Kim, K. S., & Cole, D. C. (1989). Modernization in the Third World and in Korea. In The economic and social modernization of the Republic of Korea (pp. 30–57). Harvard University Asia Center.
McGinn, N. F., Snodgrass, D. R., Kim, Y. B., Kim, S.-B., & Kim, Q.-Y. (1980). Education and the Development of Korea. In Education and Development in Korea (pp. 218–241). Harvard University Asia Center.
Naruki Osugi. (2005). Perbandingan informatisasi pendidikan dalam pendidikan khusus di Jepang dan Korea. Jurnal Masyarakat Jepang Untuk Teknologi Pendidikan, 28(suppl), 205–208.
Nishizaki, K., Sekine, T., Ueno, Y., & Kawai, Y. (2013). Chronic deflation in Japan. Andrew Filardo and Aaron Mehrotra, 1.
Obstfeld, M. (2010). Time of Troubles: The Yen and Japan’s Economy, 1985–2008. Published in In Koichi Hamada, Anil Kashyap, and David Weinstein (eds.), Japan’s Bubble, Deflation, and Long-Term Stagnation. Cambridge, MA: MIT Press.
Okano, K., Oprandy, R., & Tsuchiya, M. (1999). Education in contemporary Japan: Inequality and diversity. Cambridge University Press.
Putra, A. (2017). Mengkaji dan Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia).
Ragin, C. C. (2014). The comparative method: Moving beyond qualitative and quantitative strategies. Univ of California Press.
Rha, I., & Yoshida, A. (2005). A comparative study on ICT policy in education in Korea and Japan. Educational Technology International, 6(1), 3–39.
Riyana, C. (2008). Studi Perbandingan Kurikulum: Cina, Korea dan Jepang. Makalah Studi Perbandingan Kurikulum Prodi S3 Pengembangan Kurikulum Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Roh, Y.-R. (2004). Democratic citizenship education in the information age: a comparative study of South Korea and Australia. Asia Pacific Education Review, 5, 167–177.
Sánchez, J., Salinas, Á., & Harris, J. (2011). Education with Ict in South Korea and chile. International Journal of Educational Development, 31(2), 126–148.
Schoppa, L. J. (2002). Education reform in Japan: A case of immobilist politics. Routledge.
Seth, M. J. (2002). 6 The Costs of Educational Zeal. In Education Fever (pp. 172–191). University of Hawaii Press.
Shibata, M. (2004). Educational borrowing in Japan in the Meiji and post-war eras. na.
Shobahiya, M. (2008). Sistem Pendidikan (Studi Komparasi antara Indonesia dan Jepang).
Taufiqurakhman, B. (2014). Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Jakarta: Pers.
Vallance, M. (2008). Beyond policy: Strategic actions to support ICT integration in Japanese schools. Australasian Journal of Educational Technology, 24(3).