IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN KH. ABD. WAHAB HASBULLOH JOMBANG

Main Article Content

Qorirotul Aini Zudlan Wahyudi Wahyudi Khoirun Nisa’

Abstract

Implementasi pembelajaran adalah proses penerapan dalam pembelajaran untuk melaksanakan ide, program atau seperangkat aktivitas baru dengan mengharapkan ada perubahan dalam diri orang yang di ajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui pembelajaran fiqih pada peserta didik di  MAUWH. Kedua,  mengetahui penerapan metode jigsaw untuk pemahaman siswa kelas XI MAUWH dalam pengimplementasian metode jigsaw. Ketiga, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode jigsaw dalam memahamkan siswa pada pelajaran fiqih kelas XI di MAUWH. Pada penerapan model pembelajaran jigsaw diharapkan mampu membuat peserta didik menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran fiqih pada peserta didik di MAUWH berlangsung dilaksanakan dalam bentuk bimbingan pengajaran dan latihan namun masih ada kekurangan yaitu murid belum semua memahami materi pembelajaran. Kedua, penerapan metode jigsaw untuk pemahaman siswa kelas XI MAUWH sudah diterapkan namun masih ada kekurangan yaitu siswa belum semua menguasai materi pembelajaran. Ketiga, faktor pendukung dalam implementasi metode jigsaw diantaranya adalah antusias belajar kelompok siswa dan usaha guru dan faktor penghambat dalam penerapan metode jigsaw dalam memahamkan siswa pada pelajaran fiqih kelas XI di MAUWH adalah pengelompokan siswa yang beragam, dikarenakan pengetahuan siswa dalam memahami tahapan-tahapan materi

Article Details

How to Cite
[1]
Q. Zudlan, W. Wahyudi, and K. Nisa’, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS METODE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN KH. ABD. WAHAB HASBULLOH JOMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 26-29, Dec. 2023.
Section
Artikel

References

Achmad, Ghufran Hasyim, Dwi Ratnasari, Alfauzan Amin, Eki Yuliani, and Nidia Liandara. (2022) Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.4, 5685–99
Berdiati, Ika. (2010) Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pakem. Bandung: Sega Arsy,
Daradjat, Zakiah. (2004) Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara). Hal 4
Handayani, Vivin, Siti Fatimah, Firli Maulidiana, Ani Anjarwati, and Universitas Panca Marga. (2022) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. 5, 125–130
Mulyanasa, D. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. PT. Remaja Rosdakarya
Munir, M. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX SMPN 1 Prambon Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8.(3), 357–568
Nisa’, Khoirun. (2022) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). At Tahdzib, 11.02, 1–17
Rizqillah, M. M. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4. (2),35
Undang-undang SIDIKNAS (UU RI No. 20 Th. 2003), (Jakarta: Sinar Grafika 2011), cet. Ke IV, h.3