PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TEKANAN ZAT UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian adalah memaparkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterlaksanaan pembelajaran setelah diimplementasikannya inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini, yaitu pre-eksperimen menggunakan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa VIII-4 MTs Nurul Huda Sedati dengan jumlah total 30 siswa Tahun Ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini terdiri atas lembar pretest posttest dan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yakni: (1) Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat pada kriteria sedang setelah diimplementasikannya pembelajaran inkuiri terbimbing yang ditunjukkan oleh skor rerata N-Gain 0,67. Skor rerata N-Gain indikator interpretasi dan inferensi mendapatkan 0,8 dan 0,72 tergolong kriteria tinggi, sedangkan skor rerata N-Gain indikator analisis 0,63 tergolong kriteria sedang. (2) Aktivitas belajar inkuiri terbimbing guna melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tekanan zat dapat terlaksana dengan baik yang ditunjukkan dengan persentase rerata pertemuan pertama, kedua, dan ketiga sebesar 88%, 94%, dan 97% sehingga ketiga pertemuan tersebut mendapat kriteria sangat baik. Denagan demikian dapat diketahui bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Astuti, R. A., Aminah, N. S., & Sukarmin. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Empat Pilar Pendidikan Dengan Tema Pantai Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP / MTs. Jurnal Inkuiri, 5(2), 40–51.
Bilkisda, I. Z., & Sudibyo, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Edmodo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 193–198.
Coffman, T. (2009). Engaging Students Through Inquiry-Oriented Learning and Technology. Maryland: Rowman & Littlefield Education.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 5(1), 1–30.
Fridayanthi, P. D. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 23(1), 73–84.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTS di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 1(2), 15-22.
Kahfi, A. (2020). Tantangan dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Dirasah, Vol.03 No.(2), 143.
Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56.
Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 50229.
Maknun, J. (2020). Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Improve Understanding Physics Concepts and Critical Thinking Skill of Vocational High School Students. International Education Studies, 13(6), 117.
Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P., & Stanco, G. M. (2011). TIMSS 2011 International Results in Science. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Mubarokah, N. L. (2019). Penerapan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Indera Kelas Xi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BIoEdu; Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3), 178–184.
Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Education and Development. 3(1), 1–5.
Norriqza, H. (2016). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma, IV(01), 125–138.
Nur Shanti, W., Alin Sholihah, D., & Anis Abdullah, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui CTL. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(1), 98–110.
Nurdiyah, M. S., & Yonata, B. (2022). Implementation Of The Guided Inquiry Learning Model To Train Critical Thinking Skills In Senior High School. Jurnal Pijar Mipa, 17(2), 148–155.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizmania Learning Center.
Nurita, T., Hastuti, P. W., & Sari, D. A. P. (2017). Problem-solving Ability of Science Students in Optical Wave Courses. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 341–345.
OECD. (2018). PISA 2015 Result in Focus. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2019). PISA 2018 results—Combined executive summaries, Volume I, II & III. Paris: OECD Publishing.
Ramadhanti, A., & Agustini, R. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 385.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian (11th ed.). Bandung: Alfabeta.
Samung, M., Sholikhan, & Ain, N. (2021). Pengaruh Pbl Berbasis E-Learning Menggunakan Zoom Meeting Terhadap Berpikir Kritis Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Rainstek Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(4), 313–319.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology; Theory and Practice (8th Edition). Boston: Pearson Education Inc.
Wedekaningsih, A., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26