RANCANGAN MEDIA VITOR (VIDEO TUTORIAL) SEBAGAI PENUNJANG LATIHAN DASAR TEATER PADA MATA KULIAH PEMENTASAN DRAMA UNTUK MAHASISWA FKIP PBSI WISNUWARDHANA

Main Article Content

Desy Proklawati Hanum Lintang Wiwit Rahayu

Abstract

Tujuan penelitian yaitu menghasilkan Rancangan media pembelajaran berupa video tutorial untuk mahasiswa FKIP PBSI Wisnuwardhana di dalam kelas ataupun pada latihan dasar teater. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dari penjabaran materi yang berada dalam media video tutorial. Hasil penelitian ini berwujud. Pertama, unit pendahuluan berupa pembukaan pengenalan, konsentrasi dan meditasi Kedua, berisi vocal, gerak dan penggunaan pancaindera dalam pementasan. Ketiga, berisi karakterisasi. Rancangan tersebut divalidasi oleh dua validator media guna kevalidan data. Hasil validasi menunjukkan skor 89% dan 91%. Dengan demikian, rancangan media VITOR ini layak dan dapat diimplementasikan untuk tahap selanjutnya. Keseluruhan isi pada rancangan media VITOR dapat digunakan dosen sebagai suplemen dalam matakuliah pementasan drama.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Proklawati, H. Lintang, and W. Rahayu, “RANCANGAN MEDIA VITOR (VIDEO TUTORIAL) SEBAGAI PENUNJANG LATIHAN DASAR TEATER PADA MATA KULIAH PEMENTASAN DRAMA UNTUK MAHASISWA FKIP PBSI WISNUWARDHANA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 245-249, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Ardian, A., Wahida, A., & Kurniadi, E. (2020). Tutorial Video as Learning Media in Art and Culture Extracurricular at SMA N 3 Boyolali. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 421, 1–7. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.001
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi.
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2.((2)), 247–255. https://doi.org/Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 247–255. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jnp.v2i2.1974

Blomberg, G., Sherin, M. G., Renkl, A., Glogger, I., & Seidel, T. (2014). Understanding video as a tool for teacher education: Investigating instructional strategies to promote reflection. Instructional Science, 42(3), 443–463. https://doi.org/10.1007/s11251-013-9281-6
Herford, O. (2004). Drama, drama. TLS - The Times Literary Supplement, 5292, 12.
Isiaka, B. (2007). Effectiveness of video as an instructional medium in teaching rural children agricultural and environmental sciences Babalola Isiaka Lagos State University , Nigeria. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 3(3), 105–114.
Majid, N. W. A., Fuada, S., Fajri, M. K., Nurtanto, M., & Akbar, R. (2020). Progress report of cyber society v1.0 development as a learning media for Indonesian society to support EFA. International Journal of Engineering Pedagogy, 10(4), 133–145. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijep.v10i4.13085
Morain, M., & Swarts, J. (2012). Yoututorial: A framework for assessing instructional online video. Technical Communication Quarterly, 21(1), 6–24. https://doi.org/10.1080/10572252.2012.626690
Rahayu, S. T., Dewi, R., & Sari, I. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pementasan Drama berbantuan QR Code pada Siswa Kelas XI di MA Al-Muhajirin Tugumulyo. 37–47.
Sadjati, I. M. (2013). Hakikat Bahan Ajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Wahid, I. F. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Drama Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Untirta Melalui Video Pementasan Drama. Jurnal Membaca, 5(1), 15–24. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca