PERKEMBANGAN SOCIETY 5.0 PADA PENDIDIKAN IPA DI INDONESIA

Main Article Content

Amelia Maharani Amel Miterianifa Miterianifa

Abstract

Pada era yang semakin maju, diera society 5.0 mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia terutama pada bidang pendidikan di Indonesia. Pada penelitian terdahulu yang mengkaji mengenai society 5.0 pada bidang pendidikan IPA telah ditemukan namun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui perkembangan society 5.0 dalam pendidikan di Indonesia. Pada peneliti sebelumnya memperkuat teori hubungan antar variabel. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode literature review dengan data based google scholar, dan akademik lainnya. Hasil dari penelitian ini ialah pendekatan dan materi yang sering digunakan dalam society 5.0 di pembelajaran IPA yang meliputi pendekatan STEAM dengan kegiatan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).

Article Details

How to Cite
[1]
A. Amel and M. Miterianifa, “PERKEMBANGAN SOCIETY 5.0 PADA PENDIDIKAN IPA DI INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, p. 1640167, Jan. 2024.
Section
Artikel

References

Ali, H. &. (2013). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis Untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi (Doctoral dissertation, Tesis, dan Disertas. Yogyakarta: In Deeppublish.
Ananingtyas, Ratika Sekar Ajeng, Ragil Ellang Sakti, Muhammad Helmi Hakim, and Fatra Nonggala Putra, „Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Arduino Pada Pembelajaran STEM Dalam Meningkatkan Literasi Sains Dan Digital‟, Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7.1 (2022), 178
Anggraeni, Helena, Yayuk Fauziyah, and Eni Fariyatul Fahyuni, „Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0‟, AlIdarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9.2 (2019), 190–203.
Ariastika, Devi, „Penerapan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPA Dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan Di Era Society 5.0‟, FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan Di Era Society 5.0, 2022, 132–42.
Ariayanto, Aris, „Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Menyongsong Era Society 5.0‟, Membangun SDM Tangguh Di Tengah Gelombang, 2022, 1–16.
Citradevi, Cindy Paramita, „Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur‟, Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8.2 (2023), 270–75.
Fadhilah, Amaliya Nurul, „Pembelajaran Biologi Berbasis Steam Di Era Society 5.0‟, 2022.
Gultom, Joni Manumpak Parulian, „Penggembalaan Yang Efektif Bagi Generasi Milenial Di Era Society 5.0‟, Shift Key : Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 11.2 (2021), 95–108.
Hendarsyah, Decky, „E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0‟, IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8.2 (2019), 171–84.
Hidayat, Panji, and Amaliyah Ulfah, „Model Pembelajaran Probalisi ( Problem Based Learning with Science Islamic Integrated ) Materi Kesehatan Reproduksi Dalam Probalisi Learning Model ( Problem-Based Learning with Integrated Islamic Science ) Reproductive(2023), 13–26.
Hilda, L, and R R Hasibuan, „Pemanfaatan Literasi Digital Dalam Era 4.0 Dan Society 5.0‟, Menjadi Guru Hebat; Cakap Literasi …, 2022.
Kahar, M. Iksan, Hairuddin Cika, Nur Afni, and Nur Eka Wahyuningsih, „Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19‟, Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2.1 (2021), 58–78.
Lestari, Ika, Onggung B K Gultom, and Fransiska Saputri Zebua, „Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Era Society 5.0‟, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan, 1.2 (2022), 92–98.
Marisa, Mira, „Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Society 5.0‟, Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5.1 (2021), 72.
Muliastrini, Ni Ketut Erna, and Ni Nyoman Lisna Handayani, „Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0‟, Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 2021, 79–85.
Nastiti, Faulinda Ely, Aghni Rizqi Ni‟mal ‟abdu, and Jurnal Kajian, „Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0‟, Edcomtech, 5.1
(2022), 61–66.
Padmawati, Ni Nyoman, Erni Suryati Pihung, and Denpasar Utara, „Mengembangkan Pembelajaran Digital‟, 23.2 (2022), 378–88.
Pihung, Erni Suryati, and Ni Nyoman Padmawati,
„Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Digitalisasi Di Era Society 5.0‟, Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2.Juni (2022), 121–28.
Sulthon, Sulthon, „Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa MI‟, ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4.1 (2017).
Sutrisno, „Pengantar Pembelajaran Inovatif‟, 2011, 57–
58.
Wulandari, Wahyu, Tri Murwaningsih, and Sri Marmoah, „Implementation of Merdeka Belajar in Online Learning Methods at the School for Children of Indonesia‟, ACM International Conference Proceeding Series, 2022.