KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 11 MUARO JAMBI

Main Article Content

Abdul Rahman Bakri Urip Sulistiyo Marzul Hidayat

Abstract

Kinerja guru yang baik akan mampu memberikan dampak positif terhadap kemajuan sekolah, tentunya harus adanya variabel yang mampu menjadi pemicunya salah satu diantaranya adalah kontribusi kompetensi manajerial kepala sekolah agar menggerakkan guru sehingga memiliki kenerja baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan  gambaran yang jelas tentang kompetensi kepala sekolah dalam menyusun program kerja, pendekatan dan hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan komite sekolah SMK Negeri 11 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan kepala sekolah pada aspek perencanaan/pelaksanaan, pengorganisasian/pengelolaaan dan pengawasan dalam rangka meningkatkan kinerja guru, sudah terlaksana, seperti program kegiatan peningkatan kinerja guru yang dilakukan oleh kepala sekolah dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten dari Dinas Pendidikan Provinsi, dunia usaha dan dunia industri, sedangkan rapat penyusunannya dilakukan pada akhir tahun pelajaran, kegiatan MGMP yang dilaksanakan oleh setiap guru mata pelajaran seminggu sekali dalam satu bulan, kepala Sekolah memotivasi guru-guru untuk mengikuti program seleksi guru penggerak, kepala sekolah memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk mengikuti program pendidikan profesi guru, kepala sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk melenjutkan pendidikan starata 2 dengan pola izin belajar pada hari Jum’at dan Sabtu, kepala sekolah juga menyusun program kegiatan pembelajaran di sekolahdengan melaksanakan supervisi klinis dan kelas, diskusi dan rapat dengan guru, sehingga kinerja guru meningkat. (2) Pendekatan kompetensi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 11 Muaro Jambi adalah pembinaan pengembangan kemampuan profesionalan guru berupa in house training (IHT) dan work shop, baik yang disampaikan oleh kepala sekolah langsung, forum MGMP maupun pendidikan dan latihan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun oleh Dinas Pendidikan Provinsi baik online maupun offline yang semua ini memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada guru untuk aktualisasikan diri dalam rangka mengembangkan potensi diri dan lingkungan sesuai amanah kurikulum merdeka. Apabila guru memiliki kompetensi yang baik akan terwujud keberhasilan dalam proses pembelajaran. (3) Hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, yaitu ketidaksesuaian antara pelajaran dengan minat, sehingga guru mengalami kesulitan dalam mengajar. Sesuai amanah kurikulum merdeka agar mata pelajaran pada SMK dapat diajarkan oleh guru mata pelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja dan industri. Hambatan lain yang dihadapi oleh kepala sekolah adalah kedisiplinan guru dalam hal waktu, peraturan dan tanggung jawab yang masih kurang dalam mengajar. Selanjutnya administrasi perangkat yang dimiliki guru sehingga kepala sekolah sangat perlu mengadakan supervisi guru minimal dua kali dalam setahun.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Bakri, U. Sulistiyo, and M. Hidayat, “KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 11 MUARO JAMBI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 280-286, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Baharuddin and R. Zakaria. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spritual Terhadap Peningkatan Teacher’s performance di SMA Negeri 3 Takalar District Takalar . Jurnal Idarah Vol. 2 No. 1 pages 1-10.
Ema Prasetyorini,. (2018). Analisa Motivasi Kerja dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru (Studi di SMP Negeri 02 Kota Blitar). Jurnal Revitalisasi Jurnal Ilmu Manajemen Vol.07 No. 01 Maret 2018.
Makarim., Nadiem. Guru Profesional Kunci Pendidikan Berkualitas. Jawa Pos. 4 November 2021. http://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/04/07/2021/nadiem-sebut-guru-profesional -kunci-pendidikan-berkualitas/.
Mulyasa, (2013). Uji Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Pratama, L dan Setiadi, B., (2019). Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru. Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol.7 No.3 April 2023.
Podgursky, Micheal J., Springer, Matther G. (2007), Teacher Performance Pay;Areview. Journal of policy Analysis and Management , Vol.26 No. 4, 909-949 DOI:10.1002/pam.20292.
Rizal, S dan Pasigai, M.A. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi Kinerja Pegawai pada Sekretariat Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Selatan. Jurnal Ekonomix, Vol.5 No.2 PP 48-47.
Rinawati, H (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Aktivitas Utama Pengembangan Sumber Daya Manusia. Malang UB Press.
Rukmana, A. (2018). Pengaruh Leadership Style Principal dan Motivasi kerja Guru Terhadap Teacher’s performance (Survey Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta/MTsS yang ada di Kecamatan Tanjungsari Sumedang). Coopetition Vol.9 No. 1 Pages 77-93.
Slameto, B.S Sulamono dan K.W Wardani. (2017). Peningkatan kinerja guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 27 No.2, PP.38-37.
Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sugeng,. (2012). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Kudus. Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.
Suharsaputra, Uhar. (2018). Supervisi Pendidikan : Pendekatan Berbasis Kinerja.Bandung : PT. Rafika Aditama.
Syamsu Alam., Hasmin Tamsah dan Gunawan Bata Ilyas, (2019). Pengaruh Kompetensi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Disiplin Kerja Pegawai Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Jurnal Mirai Management Volume 4 No. 1 2019
Usman, Useh Moh. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung Remaja Rosdakarya.
Wahyudi, (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung:CV. Alfabeta