POTRET SEJARAH DALAM NOVEL KERETA SEMAR LEMBU KARYA ZAKY YAMANI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI HANDOUT TEKS CERITA SEJARAH TULIS JENJANG SMA

Main Article Content

Kurniasih Kurniasih Dian Hartati Een Nurhasanah

Abstract

Peristiwa sejarah di masa lalu mengajarkan tentang arti perjuangan. Tidak mudah melawan kekuasaan yang besar dan kuat. Perlu mengorbankan tenaga, pikiran, materi, bahkan nyawa sekali pun. Oleh karena itu, sejarah sangat penting dipelajari siswa untuk menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi melalui pemberian novel sejarah sebagai bahan ajar pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap potret sejarah yang terkandung dalam novel Kereta Semar Lembu karya Zaky Yamani agar hasil analisis dapat dimanfaatkan sebagai handout teks cerita sejarah tulis di SMA. Pendekatan penelitian yaitu kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analisis dengan menggunakan perspektif new historicism Greenblatt. Hasil analisis ditemukan aspek sosial sebanyak 8 kutipan, aspek politik 7 kutipan, dan aspek ekonomi 9 kutipan. Aspek yang paling dominan dan sering muncul ialah politik pada kekuasaan para penjajah. Pengarang hendak menekankan keadaan kehidupan masyarakat pada masa penjajahan. Hasil analisis dapat dimanfaatkan sebagai handout teks cerita sejarah tulis sesuai KD 3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis dengan indikator menganalisis pokok informasi dalam teks cerita sejarah tulis melalui novel sejarah, mengemukakan isi teks cerita sejarah tulis melalui novel sejarah, dan mengidentifikasi struktur teks cerita sejarah melalui novel sejarah.


 


 


 

Article Details

How to Cite
[1]
K. Kurniasih, D. Hartati, and E. Nurhasanah, “POTRET SEJARAH DALAM NOVEL KERETA SEMAR LEMBU KARYA ZAKY YAMANI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI HANDOUT TEKS CERITA SEJARAH TULIS JENJANG SMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 1, pp. 35-42, Dec. 2023.
Section
Artikel

References

Ardhianti, M. (2016). “Kajian New Historicism Novel Hatta: Aku Datang Karena Sejarah Karya Sergius Sutanto.” Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 3(1), 1–10.
Arman. (2014). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Firdaus, D. R. (2021). “Pentingnya Sejarah Bagi Generasi Muda.” OSF Preprints. https://osf.io/preprints/z8fgv/
Greenblatt, Stephen; dan Gallagher, C. (2000). Practicing New historicsm. Chicago: The University of Chicago Press.
Ravitasari, RA; Waluyo, HJ; & Winarni, R. (2019). Kajian Struktur Dan Nilai Sejarah (Historis) Dalam Novel Panggil Aku Kartini Saja Karya Pramoedya Ananta Toer Dan Novel Kartini Karya Abidah El Khalieqy Serta Relevansinya Dengan Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0,” 204–207.
Rohman, F. A. (2022). “25 Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik.” Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/best-seller/rekomendasi-novel-sejarah/, pada 3 Mei 2023, pukul 11.07 WIB.
Sahliyah, C. (2017). “Kajian New Historicism Novel Kubah Karya Ahmad Tohari.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra UPI, 17(1), 111–119.
Waluyo, S. (2020). Artikulasi Identitas Lokal Cepu dalam Novel Penangsang: Tembang Rindu Dendam Karya Nassirun Purwokartun (Tinjauan New Historicism). Suar Bétang, 15(1), 69–78.
Wicaksono, A. (2018). Sejarah Politik Indonesia dalam Novel Larasari karya Pramoedya Ananta Toer. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 7(1), 20–35.
Yamani, Z. (2022). Kereta Semar Lembu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.