IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

Main Article Content

May Maharani Nur Efendi

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia yang menuntut para siswa untuk semakin aktif dalam pola belajarnya. Hal ini sebagai upaya untuk mengejar perubahan zaman dan tekhnologi maupun penerimaan informasi yang semakin cepat. Proses kegiatan pembelajaran yang aktif ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam mengungkapkan ide atau gagasan yang akan menjadikan siswa menjadi kreatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model belajar Project Based Learning di SDIT AL-AQSHA pada materi IPAS dan untuk menguji kreativitas pada siswa setelah diterapkannya model Project Based Learning. Pada jurnal penelitian berikut menggunakan metode peneltian kualitatif. Cara pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning dapat membuat suasana belajar yang aktif dan juga berpengaruh pada kreativitas siswa. Berdasarkan hasil observasi dari 22 siswa yang ada dikelas, diperoleh 14 siswa yang memiliki kreativitas dan 8 siswa cukup kreatif pada saat proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Maharani and N. Efendi, “IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 3, pp. 268-279, Sep. 2023.
Section
Artikel

References

Agusta, Ivanovich. 2003. “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif.” Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27 02 (1): 59.
Alda, Ria, dan Hasanah. 2023. “ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DI KELAS V SD NEGERI 067092 MEDAN” 3 (9): 7775–82.
Fabiana Meijon Fadul. 2019. “Bab 1,” 1–15.
Goldstein, Olzan. 2016. “A project-based learning approach to teaching physics for pre-service elementary school teacher education students.” Cogent Education 3 (1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1200833.
Haryanto. 2003. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” Demographic Research 49 (0): 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, dan Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (2): 3011–24. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Inovasi, Jurnal, Tenaga Pendidik, dan Kependidikan Vol. 2022. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR” 2 (2): 206–11.
Muharwati, Titis Indah. 2014. “Hubungan Sense Of Humor Dengan Kreativitas Pada Siswa Kelas XI MA Negeri Tlogo-Blitar.” Skripsi , Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 15.
Nugraha, Abdi Riska, Firosalia Kristin, dan Indri Anugraheni. 2018. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD Abdi.”
Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, dan Syofiyah Hasna. 2022. “Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2): 8839–48.
Sati. 2019. “Jurnal basicedu.” Jurnal Basicedu 3 (1): 194–99.
Setiawan, Deni, Ita Kris Hardiyani, Agvely Aulia, dan Arif Hidayat. 2022. “Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5): 4507–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521.
Surya, Andita Putri, Stefanus C Relmasira, dan Agustina Tyas Asri Hardini. 2018. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA.” Jurnal Pesona Dasar 6 (1): 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703.
Tumangkeng, Steeva Yeaty Lidya, dan Joubert B. Maramis. 2022. “Kajian Pendekatan Fenomenologi : Literature Review.” Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah 23 (1): 14–32.
Utami, Tri, Firosalia Kristin, dan Indri Anugraheni. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD.” Jurnal Mitra Pendidikan 2 (6): 541–52. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/345/148.
Yulaikah, Indah, Sri Rahayu, dan Parlan Parlan. 2022. “Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 7 (6): 223. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i6.15275.